Text
Upaya meningkatkan kemampuan berfikir kreatif dan hasil belajar matematika menggunakan model Problem Based Learning (PBL) siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pekalongan TP 2014/2015
ABSTRAK
Oktalina, Dian.2015. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Siswa Kelas VIIi SMP Negeri 1 Pekalongan Tahun Pelqjaran 2014/2015. Skripsi Jurusan Pendidkan MIPA Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing: (1) Dr. Muhfahroyin, M.TA. (2) Swaditya Rizki, M.Sc
Kata kunci: Model pembelajaran Problem Based Learning, berpikir kreatif, hasil balajar.
Usaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan khususnya pendidikan matematika telah banyak dilakukan bahkan terus diupayakan. Berdasarkan hasil pra-survey yang dilakukan di SMP Negeri 1 Pekalongan, diperoleh data hasil ulangan harian baliwa dari 31 siswa terdapat 27 siswa yang tidak tuntas atau sebesar 77,41% dan berdasarkan hasil observasi kemampuan berpikir kreatif siswa masih rendah. Oleh karena itu diperlukan upaya guru untuk dapat menyampaikan materi kepada siswa dengan model yang relevan dan dapat memberdayakan siswa secara optimal. Salah sata alternatif yaitu dengan menggunakan model Problem Based Learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan basil belajar siswa kelas VIIi SMP Negeri 1 Pekalongan tahun pelajaran 2014/2015.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), yaDg terdiri dari perencanaan, pengamatan, dan refleksi. Sebjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIi SMP Negeri 1 Pekalongan Tahun Peiajaran 2014/2015, yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggukan lembar observasi dan tes. Lembar observasi adalah lembar pengamatan kemampuan berpikir kreatif siswa dan tes adalah sebagai alat ukur yang digimakan untuk mengetahui tingkat keberhasilan siswa setelah pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning.
Hasil kemampuan berpikir kreatif diperoleh dari observasi setiap pertemuan. Jumlah rata-rata nresentase siswa dari setiap pertemuan yang berknteria >cukup kreatif siklus I sebesar 30,1% dan terjadi peningkatan pada siklus II sebesar 65,53%. Sedangkan untuk hasil belajar diperoleh melalui tes setiap akhir siklus. Dari hasil tes persentase siswa yang dinyatakan tuntas dengan KKM >75% pada siklus I sebesar 51,61% dan terjadi peningkatan pada sikJus II sebesar 77,41%. Dari hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil beajar siswa. Berdasarkan dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa kelas VIIi SMP Negeri 1 Pekalongan tahun pelajaran 2014/2015.
Tidak tersedia versi lain