Text
Peningkatan hasil belajar siswa melalui metode cooperative learning type STAD pada mata pelajaran fiqih kelas V Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Tanjung Qencono Kecamatan Way Bungur Kabupaten Lampung Timur TP 2015/2016
ABS7RAK
PEMNGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE
COOPERATIVE LEARNING TYPE STAD PADA MATA PELAJARAN
FIQIH KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH
TANJUNG QENCONO KECAMATAN WAY BUNGUR
KABUPATEN LAMPUNG T1MUR
TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Oleh
Lilik Marwiyah NPM. 11250061
Hasil belajar adalah suatu hasil dan usaha yang telah dicapai atau dikerjakan dari suatu kegiatan belajar meiigajar. Yang menjadi persoalan yang tenis menerus dijadikan bahan pembahasan di berbagai tingkatan lembaga pcndidikan. Ini menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa juga mcrupakan kondisi yang dapat dijadikan tolak ukur keberhasilan suatu proses pembelajarai. Untuk mewujudkan hasil belajar pada peserta didik secara maksimal, maka dalam belajar peserta didik harus melalui dari adanya motif yang kuat bahwa ia harus menjadi orang yang mencapai perubahan ke arah kemajuan TTielalui ilmu pengetahuan. Setelah siswa memiliki motivasi yang kuat, maka diikuti dengan sikap tanggung jawab untuk rnelakukan kegiatan-kegiatan yang terangkai dalam proses belajar, termasuk salah satunya adalah melalui pelaksanaan metode Student Team Achievement Division (STAD).
Adapun yang menjadi masalah adalah hasil belajar peserta didik yang masih kurang. Maka dirumuskan masalah penelitiannya sebagai berikut: "Apakah pelaksanaan metode STAD dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V MI Muhammadiyah Tanjung Qencono Tahun Pelajaian 2015/2016?". Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: "Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V MI Muhammadiyah Tanjung Qencono Tahun Pelajaran 2015/2016".
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Untuk mengumpulkan data digunakan metode observasi untuk melihat aktivitas belajar dan tes untuk mengukur hasil belajar.
Hasil penelitian siklus I menunjukkan bahwa pembelajaran dari peserta dirik yang tuntas hanya berjumlah 50% pada post test (tes akhir) siklus I dengan kriteria sedang, belum mencapai KKM. Hasil penelitian siklus II menunjukkan data kemampuan hasil belajar peserta didik meningkat Pada akhir siklus II (post test) hasil belajar peserta didik mencapai 100% dengan peningkatan 97%.
Dalam siklus II ini peningkatan hasil belajar yang ditunjukkan melalui hasil belajar peserta didik dari pemahaman materi sudah mencapai target pemahaman peserta didik dalam materi pelajaran mencapai di atas 75% dan peningkatan hasil belajar peserta didik tersebut dapat memenuhi target KKM. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa: "Melalui penerapan metode STAD dapat meningkatkan hasil belajar pada bidang studi Fiqih pada siswa kelas V MI Muhammadiyah Tanjung Qencono Tahun Pelajaran 2015/2016. '
Tidak tersedia versi lain