Text
Pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar ranah psikomotor siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rumbia TP 2014/2015
ABSTRAK
Irawan, Andi. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Ranah Psikomotor Siswa Kelas VIIISMP Negeri 1 Rumbia Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurusan Pendidikan MIPA Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (I) Dr. Nyoto Suseno, M.Si. Pembimbing (II) Dedy Hidayatullah Alarifin, M.Pd.
Kata kunci: pengaruh, inkuiri terbimbing, hasil belajar ranah psikomotor
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar ranah psikomotor siswa dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan strategi pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar. Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi exsperiment) dengan desain penelitian yang digunakan adalah Posttest-Only Control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rumbia yang terbagi menjadi 8 kelas dengan jumlah 247 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling yakni pengambilan sampel secara acak. Kelas VIII.3 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII.4 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Pengolahan data kuantitatif menggunakan uji kesamaan dua rata-rata dan uji perbedaan dua rata-rata setelah perlakuan.
Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat diketahui bahwa penerapan strategi pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rumbia. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil perhitungan Uji T-tes yang diperoleh dengan tuning sebesar 2,20 dan tdaftar sebesar 2,02 pada taraf signifikansi (a) = 5% maka thitung > War- Faktor penyebab adanya pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar ranah psikomotor ditemukan berdasarkan aktivitas saat proses pembelajaran berlangsung, yaitu strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan motivasi belajar dan ketertarikan siswa, dapat memberikan ruang kepada siswa untuk belajar sesuai gaya belajar mereka, dan strategi ini tidak hanya mengedepankan nilai tetapi juga aktivitas belajar siswa.
Saran bagi guru, strategi pembelajaran inkuiri terbimbing dapat diterapkan dalam pembelajaran yang sebelumnya untuk memperbaiki hasil belajar. Kemudian bagi siswa, dalam proses pembelajaran siswa agar lebih kreatif dalam menggunakan strategi pembelajaran yang menuntut siswa lebih aktif dalam pembelajaran seperti strategi pembelajaran inkuiri terbimbing, sehingga diharapkan dapat memahami materi dengan lebih baik.
Tidak tersedia versi lain