Text
Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap minat dan hasil belajar fisika pada siswa kelas X semester genap SMA Persada Bandar Lampung TP 2014/2015
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING
TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA PADA SISWA KELAS X
SEMESTER GENAP SMA PERSADA BANDAR LAMPUNG
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
VERA WINDA RAHAYU
Prodi Pendidikan Fisika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Metro.
E-mail: verarahayu80@yahoo.co.id
Kata Kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran Discovery Learning, Minat, Hasil Belajar
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap minat dan hasil belajar fisika dan faktor-faktor positif yang menyebabkan model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar fisika pada siswa kelas X IPA semester genap SMA Persada Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015. Sampel dalam penelitian ini adalah X IPA2 sebagai kelas eksperimen dan X IPAi sebagai kelas kontrol yang dipilih secara teknis cluster random sampling. Teknis analisis data yang digunakan adalah teknis analisis data kuantitatif berupa uji t-tes dan teknis analisis data kualitatif menggunakan reduksi data. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar fisika kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan model discovery learning lebih tinggi dari siswa kelas kontrol. Perhitungan hasil analisis uji-t pada taraf signifikansi 5% diperoleh hasil untuk minat thitung = 2,86 dan tdaftar ~ 1,68 dan untuk hasil belajar fisika twtung = 3,86 dan tdaiiar - 1,68 pada taraf signifikansi a = 5%. Berdasarkan analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran discovery learning berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar fisika siswa kelas X semester genap SMA Persada Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015. Oleh sebab itu, peneliti menyarankan supaya guru sebaiknya menggunakan model pembelajaran discovery learning guna meningkatkan minat dan hasil belajar.
ABSTRACT
The purpose of this research is determine the effect of the use discovery learning models interest and the students' outcomes learning physics and factor-factor positive the discovery learning models interest and the students' outcomes learning physics ten grade students of SMA Persada Bandar Lampung semester of academic year 2013/2014. The sample in this study was X Grade2 as X Grade7 as a experimental class and control class were selected at technical cluster random sampling. Technical analysis of the data used is a technical analysis of quantitative data in the form of t-tests and technical analysis of qualitative data using data reduction. Based on the results of the study indicate that the learning outcomes learning physics class experiment using of discovery learning models is higher than the control class students. Calculation results oft-test analysis at 5% significance level obtained for interest thu = 2,86 and tdaf = 1,68 and for students' outcomes learning physics thu ~ 3,86 and tdaf = 1,68 at 5% significance level obtained. Based on the analysis of these data it can be concluded that the discovery learning models effect physics learning outcomes ten grade students of SMA Persada Bandar Lampung semester of academic year 2013/2014. Therefore, teachers should use of discovery learning models teachers improve student learning interest and out comes.
Tidak tersedia versi lain