Text
Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pasien atas jasa pelayanan rawat inap Rumah Sakit Islam Metro
ABSTRAK
Setiadi, Yuris. 2015. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien atas Jasa Rawat Inap Rumah Sakit Islam Metro. Skripsi. Jurusan Ekonomi Manajemen. Program Studi Manajemen Perusahaan. Fakultas Ekonomi. Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (i) Dr. Afdal Mazni, SE., MM, Pembimbing (ii) Ery Baskoro, SE., MM.
Kata kunci: bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan empati, kepuasan pasien.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya mengukur mutu kepuasan pasien yang akan berdampak pada keputusan penggunaan jasa rumah sakit, dan diantaranya banyak faktor yang mempengaruhi pasien dalam memilih jasa rumah sakrt. pada umumnya pasien melakukan altematif pilihan berdasarkan bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati yang diberikan dan pihak rumah sakit yang akan memberikan kepuasan pasien.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan dan emphati terhadap kepuasan pasien. Jenis penelitiannya adalah analitik kuantitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data berdasarkan hasil analisa kuantitatif terhadap variabel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan angket menggunakan kuisioner. Alat analisis yang digunakan adalah menggunakan analisa kualitas data dan analisis regresi tinier berganda.
Kesimpulannya, hasil analisis variabel bukti fisik tidak berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Variabel keandaian berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Variabel daya tanggap berpengaruh positif terhadap kepuasan pasien. Variabel jaminan berpengaruh terhadap kepuasan pasien. Variabel empati berpengaruh terhadap kepuasan pasien.
Tidak tersedia versi lain