Text
Analisis kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan Keripik Tunas Kota Metro
ABSTRAK
REZA EKA ERSANA, NPM: 11610046. "Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Keripik Tunas Kota Metro. Pemblmbing: (1) Dr. Suharto, S.E..M.M (2) Ery Baskoro, S.E..M.M
Kata kunci : kualitas pelayanan dan loyalitas pelanggan
Kualitas pelayanan merupakan lembaga yang wajib memberikan atau memenuhi kebutuhan, ttndakan atau perbuatan yang dapat di tawarkan oieh satu pihak ke pihak yang lain, yang bersifat intangible (tidak berwujud), tidak dapat di pisah-pisahkan, berubah-ubah, tidak tahan lama, tidak ada kepemilikan. Loyalitas pelanggan merupakan sebuah komitmen yang kuat untuk membeli ulang terhadap suatu produk secara konsisten di waktu yang akan datang lebih mudah mempertahankan pelanggan yang sudah ada dari pada menarik peianggan baru.
Tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan Keripik Tunas Kota Metro. Oalam penelitian alat anaisis yang digunakan adalah analisis Korelasi Rank Spearman untuk mengetahui pengaruh vanabel kualitas pelayanan (X) dan variabei loyalitas pelanggan (Y) dengan menggunakan alat bantu program komputer yaitu SPSS versi 17.0.
Berdasarkan dari pertifiungan menggunakan program SPSS bahwa kualitas peiayanan (X) berpengaruh signifkan terhadap loyalitas pelanggan (Y). Setiap ada kenatkan kualitas pelayanan, selalu diikuti kenaikan loyalitas pelanggan. Pengaruh langsunp itu merupakan besarnya kontribusi Kuaiitas petayanan terhadap loyalitas pelanggan, dengan tingkat koefeien 0.526 atau dengan kata lain variasi naik turunnya permintaan 52.6%, dan memiiiki tingkat hubungan sedang.
Tidak tersedia versi lain