Text
Hubungan penguasaan guru dalam penerapan metode mengajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Trimurjo Lampung Tengah TP 2014/2015
ABSTRAK
HUBUNGAN PENGUASAAN GURU DALAM PENERAPAN
METODE MENGAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR
MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH I
TRIMURJO LAMPUNG TENGAH
■4 TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Oleh; Alfian Kamil NPM. 11250057
Dalam proses kegiatan belajar mengajar tidak terlepas dari suatu metode yang digunakan untuk tercapainya tujuan pendidikan yang diharapkan. Dengan adanya metode tersebut diharapkan apa yang disampaikan oleh guru kepada siswa dapat membawa hasil yang baik.
Penguasaan guru dalam penerapan metode mengajar merupakan sarana terpenting dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Karena dengan adanya penggunaan metode diharapkan teori yang diterima siswa dalam belajar langsung dipraktekkan.
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pendidikan agama islam setelah guru memberikan pembelajaran dengan berbagai macam metode mengajar pada siswa kelas X Sma Muhammadiyah I Trimurjo lampung tengah tahun pelajaran 2014/2015.
Sebelum penulis mengumpulkan data yang dianalisis penulis menentukan populasi dan sampel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Muliammadiyah I Trimurjo yang berjumlah 29 peserta didik. Dari populasi yang berjumlah kurang dari 100 maka penulis menganalisanya dengan angket di gunakan untuk memperoleh data tentang penguasaan guru dalam penerapan metode mengajar. Dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data tentang prestasi belajar peserta didik dan data lainnya.
Di dalam menganalisa data yang terkumpul penulis menggunakan rumus korelasi product moment. Dari data penelitian yang penulis peroleh tentang penguasaan guru dalam penerapan metode mengajar pada siswa kelas X Sma Muhammadiyah I Trimurjo Tahun pelajaran 2014/2015 menunjukan adanya hubungan yang signifikan antara penguasaan guru dalam penerapan metode mengajar dengan belajar siswa.Setelah penulis mendapatkan data dengan menyebarkan angket kepada responden dan mengujinya dengan uju statistik product moment diperoleh "r" hitung sebesar 1,00 bila "r" hitung itu diinterprestasikan dengan indeks interprestasi berada pada nilai atau angka 0,90-1,00 yang menyatakan nilai tersebut berada pada nilai yang kuat atau tinggi.
Tidak tersedia versi lain