Text
Pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperatif learning tipe group investigation (GI) terhadap hasil belajar fiqh siswa kelas VIII semester genap MTs Muhammadiyah Metro TP 2014/2015
ABSTRAK
Zonna, Hesti. 2015. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Fiqh Siswa Semester Genap Kelas VIII MTs Muhammadiyah Metro Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Tarbiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam, FAI Universitas Muhammadiyah Metro di bawah pembimbing (1) Drs. H. Hadi Rahmat, M.A. (2) Drs. Sarbini, M.Ag.
Kata Kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Group Investigation, Hasil Belajar Fiqh
Fiqh merupakan cabang ilmu pendidikan agama Islam (PAI) yang diarahkan untuk menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, dan mengamalkan hukum Islam, yang kemudian menjadi pandangan hidupnya melalui kegiatan bimbingan, pelajaran, latihan, penggunaan pengalaman dan pembiasaan. Untuk itu perlu model pembelajaran yang tepat agar dapat tercapai hasil belajar yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar Fiqh siswa kelas VIII semester genap MTs Muhammadiyah Metro tahun pelajaran 2014/2015.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs muhammadiyah Metro yang terdiri dari 3 kelas. Sampel diambil berdasarkan teknik random sampling yang dipilih secara acak sehingga kelas VIII A terpilih sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi pengujian hipotesis sedangkan analisis kualitatif meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan ferivikasi. Berdasarkan uji hipotesis bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa. Hal itu ditunjukkan pada hasil pengujian pada taraf signifikansi 5% dan 1% yang diperoleh menunjukkan tuning sebesar 5,327 dan ttabei sebesar 2,05 dan 2,77. Hasil tersebut menunjukkan bahwa thjtung > War atau 2,05 < 5,327 > 2,77. Berdasarkan analisis tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar Fiqh sesudah diterapkannya mode] pembelajaran cooperative learning tipe Group Investigation (GI) lebih tinggi dari pada hasil belajar sebelum diterapkannya model pembelajaran cooperative learning tipe Group Investigation (GI) dan pengaruh positif penggunaan model pembelajaran cooperative learning tipe Group Investigation (GI) antara lain dapat meningkatkan aktivitas siswa, dapat melatih rasa kerjasama dan tanggung jawab kelompok, menumbuhkan rasa percaya diri untuk maju di depan kelas, serta dapat melatih komunikasi siswa.
Tidak tersedia versi lain