Text
Pandangan siswa terhadap penerapan asas kerahasiaan oleh guru bimbingan dan konseling dalam pelaksanaan layanan konseling di SMA Negeri 1 Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah TP 2014/2015
ABSTRAK
Purwanti, Shinta. 2015. Pandangan Siswa Terhadap Penerapan Asas Kerahasiaan oleh Guru Bimbingan dan Konseling dalam Pelaksanaan Layanan Konseling di SMAN 1 Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2014-2015. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing I Drs. Hadi Rahmat, M.A, Pembimbing II Tri Anjar, M.Pd, Kons.
Kata Kunci: Pandangan Siswa, Penerapan Asas Kerahasiaan
Penelitian difokuskan pada pandangan siswa terhadap penerapan asas kerahasiaan oleh guru Bimbingan dan Konseling dalam pelaksanaan layanan konseling di SMAN 1 Trimurjo Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2014/2015.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian berjumlah 233 dengan sampel berjumlah 70 siswa yang diperoleh melalui teknik proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket yang sebelumnya telah melalui uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan persentase dan analisis kriteria dengan menggunakan kriterium stwgess.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada indikator guru Bimbingan dan Konseling melayani siswa dengan pendekatan yang menyenangkan, sebanyak 52 (74,3%) berpandangan bahwa guru memiliki kriteria yang baik. Pada indikator guru Bimbingan dan Konseling melaksanakan kode etik profesinya sebanyak 45 (64,3%) siswa berpandangan bahwa guru mempunyai kriteria sangat baik. Pada indikator guru Bimbingan dan Konseling memegang teguh asas-asas konseling, sebanyak 42 (60,0%) siswa berpandangan bahwa guru mempunyai kriteria sangat baik. Pada indikator penyimpanan data dan informasi dari siswa, sebanyak 51 (72,9%) berpandangan bahwa guru mempunyai kriteria sangat baik. Pada indikator pemeliharaan dan penjagaan data dan informasi dari siswa sebanyak 59 (84,3%) siswa berpandangan bahwa guru mempunyai kriteria sangat baik. Pada indikator merasa nyaman dan aman dalam melakukan konseling perorangan, sebanyak 34 (48,6%) siswa menyatakan bahwa guru memiliki kriteria baik. Pada indikator guru Bimbingan dan Konseling mampu memberikan pelayanan konseling secara profesional, sebanyak 46 (65,7%) siswa berpandangan bahwa guru mempunyai kriteria sangat baik.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa pandangan siswa terhadap penerapan asas kerahasiaan oleh guru Bimbingan dan Konseling dalam pelaksanaan layanan konseling di SMAN 1 Trimurjo Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2014/2015 berada dalam kriteria sangat baik, hal tersebut ditunjukkan oleh rata-rata skor pandangan siswa sebesar 92,9.
Tidak tersedia versi lain