Text
Pengaruh layanan informasi terhadap peningkatan kemampuan membuat keputusan arah karir siswa kelas XI MIA 1 SMA NBegeri 4 Metro TP 2014/2015
ABSTRAK
Apriyana, Tina. 2015. Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Peningkatan Kemampuan Membuat Keputusan Arah Karir Siswa KelasXIMIA 1 SMA Negeri 4 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Program Studi Bimbingan dan Konseling (BK), Jurusan Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Karwono, M.Pd. (II) Tri Anjar, M.Pd., Kons.
Kata Kunci: Layanan Informasi, Kemampuan Membuat Keputusan Arah Karir
Rumusan masalah penelitian ini adalah: Adakah pengaruh positif pemberian layanan informasi terhadap peningkatkan kemampuan membuat keputusan arah karir siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 4 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif pemberian layanan informasi terhadap peningkatan kemampuan membuat keputusan arah karir pada siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 4 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015.
Rancangan yang digunakan adalah penelitian eksperimen, dengan one group pretets posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah sebesar 234 siswa dan sampel sebesar 22 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Uji validitas dilakukan melalui uji validitas butir item dan hasil uji reliabilitas adalah 0,962 dengan kategori sangat tinggi. Instrumen dalam pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode angket model skala liket. Pelaksanaan dalam penelitian menggunakan alat ukur suatu konsep validitas isi {content validity) dan reabilitas instrument menggunakan teknik belah dua {split half). Analisis data yang digunakan yaitu uji t. Hal tersebut menunjukkan siswa mengalami peningkatan dengan ditunjukkan oleh selisih perubahan skor kemampuan membuat keputusan arah karir dari hasil pre test dan post test sebesar 117 dengan kategori tinggi dan terdapat pengaruh positif layanan informasi terhadap peningkatan kemampuan membuat keputusan arah karir siswa. Pengujian hipotesis didapatkan hasil perhitungan truing = 21,66 > Wi = 1,721 dari signifikasi 0,21 dan derajat kebebasan (db = n - 1 = 22 - 1 = 21).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa setelah dilakukan layanan informasi sebanyak dua kali terjadi pengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan membuat keputusan arah karir khususnya pada siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 4 Metro. Saran: bagi guru bimbingan dan konseling hendaknya dapat mengoptimalkan layanan informasi mengenai karir agar siswa lebih bisa memilih dalam memutuskan karir, bagi sekolah hendaknya menyediakan fasilitas sarana dan prasana yang memadai untuk mendukung penyelengaraan layanan bimbingan dan konseling, dan bagi siswa hendaknya untuk lebih semangat, aktif, serta tertarik dalam mengikuti layanan infomasi, untuk menambah pengetahuan siswa dalam membuat keputusan arah karirnya.
Tidak tersedia versi lain