Text
Pengaruh penggunaan media pembelajaran peta konsep terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X semester genap SMA Muhammadiyah 1 Metro TP 2014/2015
ABSTRAK
Okiavianl, Bewi . 2015. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas X Semester Genap SMA Muhammadiyah 1 Metro Tahun Pelajaran 2014/1/2015. Skripsi Jurusan Pendidikan IPS Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakuitas Keguruan dan ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbirig (!) Dra. Hj. Maryatun, M.M. Pernbimbing (2) Triyani Ratna Wuri, M.Pd.
Kata Kunci : Media Pembelajarun Peta Konsep dan Hasi! Beiajar Ekonomi
Berdasarkan hasil observasi awal nilai Ekonomi di SMA Muhammadiyah 1 Metro kelas X masih banyak siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Sedangkan nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) keias X SMA Muhammadiyah 1 Metro adalah 75. Berdasarkan pra survey dan observasi di SMA Muhammadiyah 1 Metro yang menjadi masaiah penelitian ini adalah " Masih banyak siswa yang belum tuntas hasil belajar Ekonomi siswa keias X semester genap SMA Muhammadiyah 1 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015".Kemudian dari permasalahan tersebut dapat dirumuskan masalah sebagai berikut : "Apakah ada pengaruh penggunaan media pernbeiajaran peta konsep terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas x semester genap srna muhammadiyah 1 metro tahun pelajaran 2014/1/2015".
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran peta konsep terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas x semester genap srna muhammadiyah 1 metro tahun peiajaran 2014/1/2015. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Ada pengaruh yang positif media pembelajaran peta konsep terhadap hasil belajar ekonomi pada siswa kelas X semester genap sma rnuhamrnadiyah 1 metro tahun pelajaran 2034/1/2015.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dengan menggunakan desain eksperimen Quasi Experiment One-Group Pretest-Posttest Design. Karena dalam desain ini, peneliti tidak dapat mengontroi semua variabei iuar yang mempengaruhi jalannya eksperimen. Dimana ada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dipilih secara simple random sampling sehingga didapatkan kelas eksperimen dan kelas kontroi. kelompok eksperimen pada keias XIPS2 yang berjumlah 18 siswa. Kelompok tersebut diberi pre test untuk mengukur variabel dependen yang kemudian diberi sebuah treatment dengan menggunakan media pembelajaran peta konsep sebagai independen dan selanjutnya diberi post test untuk meiihat hasil dari treatmen yang telah dilaksanakan sehingga dapat diketahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen.
Tidak tersedia versi lain