Text
Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen pada Asuransi Bumiputera Cabang Metro
Abstrak
PAUL TIA USMAN, 2015, "Analisis Faktor-Faktor Yang Mempegaruhi Loyalitas Konsumen Pada Asuransi Bumiputra Cabang Metro" Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing : (1) Dr. Bambang Suhada, S.E., M.Si. dan Pembimbing (2) Suwarto, S.E., M.M.
Kata Kunci : Kualitas Layanan, Kepuasan Nasabah, Reputasi Merek, Loyalitas Konsumen
Kualitas pelayanan adalah sarana untuk mencapai kepuasan dan ikatan.Kepuasan nasabah diartikan sebagai semua perasaan positif atau negatif mengenai nilai jasa yang diterima. Merek akan mempunyai reputasi jika ia memiliki kualitas dan karisma. loyalitas konsumen merupakan kedalaman komitmen yang dipegang untuk melakukan pembelian kembali dan berniat untuk terus membelinya dimasa depan.
Tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan, kepuasan nasabah dan reputasi merek terhadap loyalitas konsumen pada AJB Bumiputra Cabang Metro. Penelitian ini menggunakan metode survei, sample, dan kuisioner sebagai alat pengumpulan data utama. Dalam penelitian ini alat analisis yang digunakan adalah analisis jalur untuk mengetahui variabel eksogen, dan variabel endogen, dengan alat bantu program komputer yaitu SPSS versi 17.0.
Hasil penelitian menemukan bahwa Kualitas layanan tidak berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen. Setiap ada kenaikan Kualitas Layanan tidak diikuti dengan kenaikan Loyalitas Konsumen.
Hasil penelitian menemukan bahwa Kepuasan Nasabah tidak berpengaruh positif terhadap loyalitas Konsumen. Setiap ada kenaikan Kupuasan Nasabah tidak selalu diikuti dengan kenaikan Loyalitas Konsumen.
Hasil penelitian menemukan bahwa Reputasi Merek tidak berpengaruh positif terhadap Loyalitas Konsumen. Setiap ada kenaikan tingkat Reputasi Merek tidak selalu diikuti dengan kenaikan Loyalitas Konsumen.
Sedang pada penelitian terdahulu yang dilakukan nina wijayanti (2010), dengan judul penelitian " faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas nasabah PT.Bank Rakyat Indonesia TBK (studi kasus PT.BRI Kantor Kas UIN Syarif Hidayatullah Jakarta" terdapat 10 faktor yaitu: pelayanan, empati, daya tanggap, reputasi bank, kredibilitas, sarana dan prasarana, kehandalan, dan kemampuan prosedur layanan. yang mempengaruhi loyalitas nasabah PT.Bank Rakyat Indonesia. Dari kedua penelitian ini terdapat perbedaan yaitu pada penelitian terdahulu semua variabel berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen sedang pada penelitian ini tidak terdapat pengaruh.
Tidak tersedia versi lain