Text
Pengembangan handout berbasis inkuiri terbimbing siswa SMP Negeri 2 Trimurjo kelas VIII TP 2014/2015
ABSTRAK
Sari, Lussy Wahyu Fatma. 2015. Pengembangan Handout Berbasis Inkuiri Terbimbing Siswa SMP Negeri 2 Trimurjo Kelas VIII Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Jurusan Pendidikan MIPA Program Studi Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing: (I) Drs. Anak Agung Oka.,M.Pd., (II) Agil Lepiyanto.,M.Pd.
Kata Kunci: pengembangan handout, inkuiri terbimbing
Pelaksanaan kegiatan pembelajaran yang baik idealnya tidak berpusat kepada guru (teacher center), tetapi berpusat kepada siswa (student center) yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis. Proses belajar mengajar akan berjalan aktif, efektif, kreatif, menarik dan menyenangkan bila didukung dengan tersedianya bahan ajar, yang mamiliki tahap-tahap pembelajaran sistematis dan mampu membawa siswa untuk mencari serta menemukan sendiri jawaban yang sudah pasti dari masalah yang dipertanyakan. Handout merupakan bahan ajar cetak dan tertulis, yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran dan disiapkan oleh guru untuk memperkaya pengetahuan siswa. Pemberian handout bertujuan untuk memotivasi siswa dalam belajar, selain itu siswa diharapakan memiliki bekal yang cukup sebelum memulai proses pembelajaran. Strategi inkuiri terbimbing merupakan suatu proses pembelajaran yang dilakukan melalui arahan atau bimbingan seorang guru. Guru berperan dalam menyediakan mated atau bahan untuk menemukan dan memecahkan masalah melalui pertanyaan-pertanyaan yang diberikan pada awal proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan handout berbasis inkuiri terbimbing siswa SMP Negeri 2 Trimurjo kelas VIII tahun pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitan pengembangan melalui pendekatan kualitatif. Model pengembangan yang digunakan menurut Thiagarajan yaitu model 4-D yang tidak kesemuanya digunakan, hanya tahap Define, Design, dan Develop. Tahap Desseminate tidak dilakukan karena adanya keterbatasan waktu, tenaga, dan biaya. Parameter kelayakan handout ditinjau dari validasi. Kelayakan handout ditunjukkan apabila nilai kelayakan handout >71%. Sasaran dalam penelitian ini adalah handout berbasis inkuiri terbimbing pada materi si stem peredaran darah manusia yang diujicobakan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Trimurjo sebanyak 23 anak.
Hasil validasi yang telah dilakukan menunjukkan tingkat kelayakan handout berbasis inkuiri terbimbing dari segi desain dan strategi pembelajaran handout sebesar 85,75%, dan dari segi materi sebesar 90%. Tingkat keterbacaan handout berbasis inkuiri terbimbing berdasarkan respon siswa yaitu sebesar 93,5%. Persentase tersebut terkategori sangat kuat, sehingga handout berbasis inkuiri terbimbing dinyatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Tidak tersedia versi lain