Text
Pengaruh model pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) dikombinasi team games tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika pada materi segiempat siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 6 Metro TP 2014/2015
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL {CONTEXTUAL
TEA CHINGAND LEARNING) DIKOMBINASIDENGAN TEAM GAMES
TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA
MATERI SEGIEMPAT SISWA KELAS VIISMP NEGERI6 METRO
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Yani Handayani
Prodi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro
e-mail: Yani.YA318@gmial.com
Kata Kunci: Kontekstual (Contextual Teaching And Learning) dikombinasi dengan Team Games Tournament (TGT), Hasil Belajar
ABSTRAK
Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) memberikan kebebasan kepada siswa untuk aktif melakukan pembelajaran secara langsung melalui kegiatan pengamatan di sdritar lingkungan siswa. Proses pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) yang dilakukan peneliti dikombinasikan dengan Team Games Tournament (TGT). Kombinasi ini dilakukan untuk menambah semangat dan motivasi peserta didik ketika mengikuti pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dikombinasi dengan TGT terhadap hasil belajar peserta didik. SMP Negeri 6 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 6 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015, pada materi segiempat kelas VII semester genap, yang dimulai pada tanggal 16 Mei 2015 sampai 28 Mei 2015. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah claster random sampling dengan terpilihnya kelas VII.2 sebagai kelas Kontrol, dan kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan data menggunakan tes kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Rancangan penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode eksperimen semu.
Dari uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh 2,517 > 2,29 dengan taraf keabsahan a = 5% ,sehingga thitmg > ttabe! maka Ho ditolak. hii berarti bahwa
adanya pengaruh hasil belajar antara pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dikombinasi dengan TGT dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa: Ada pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dikombinasi dengan TGT terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Segiempat Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 6 Metro Tahun 2014/2015.
Tidak tersedia versi lain