Text
Eksperimentasi hasil belajar matematika dengan numbered head together dan make a match siswa SMA Negeri 1 Punggur TP 2014/2015
EKSPERIMENTASIHASIL BELAJAR MATEMATBKA DENGAN
MENGGUNAKAN NUMBERED HEAD TOGETHER DAN
MAKE A MATCH SISWA SMA NEGERI1 PUNGGUR
TAHUN PELAJARAN 2014/2015
EKAPUSPITASARI
Prodi Pendidikan Matematika, Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan
Ihnu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro.
e-mail: eka.nafita.dian@gmail.com
Kata Kanci: Hasil Belajar, Numbered Head Together, Make a Match
ABSTRAK
Numbered Head Together (NHT) atau penomoran berpikir bersama adalah merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk memengaruhi pola interaksi siswa dan sebagai alternatif terhadap struktur kelas tradisional. Pembelajaran Make A Match artinya pembelajaran mencari pasangan. Setiap siswa mendapat sebuah kartu (bisa soal atau jawaban), lalu secepatnya mencari pasangan yang sesuai dengan kartu yang ia pasang. Suasana pembelajaran dalam model pembelajaran Make A Match akan riuh, tetapi sangat asik dan menyenangkan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perbedaan rata-rata hasil belajar matematika antara siswa yang menggunakan Numbered Head Together dan Make A Match pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Punggur TP 2014/2015, (2) untuk mengetahui hasil belajar matematika yang lebih tinggi antara siswa yang menggunakan Numbered Head Together dan Make A Match pada siswa Kelas X SMA Negeri 1 Punggur TP 2014/2015?
Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Punggur Tahun Pelajaran 2014/2015, pada mated ruang dimensi tiga kelas X semester genap. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Punggur Tahun Pelajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sempel yang digunakan adalah cluster random sampling dengan terpilihnya kelas X.3 sebagai kelas eksperimen 1 yang diterapkan Numbered Head Together, dan kelas X.4 sebagai kelas eksperimen 2 yang diterapkan Make a Match. Kemudian dianalisis dengan menggunakan uji-t. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan soal tes. Rancangan penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan jenis penelitian komparatif atau perbandingan. Hasil analisis data di peroleh thitung = 18,25 dan ttabei = 1,668 sehingga thil >/(1_a^n+/j2_2) Artinya ada perbedaan hasil belajar antara
pembelajaran menggunaan Numbered Head Together dan Make a Match di SMA N 1 Punggur.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa: (1) ada perbedaan rata-rata hasil belajar matematika antara siswa yang menggunakan Numbered Head Together dan Make A Match pada siswa Kelas X SMA Negeri 1 Punggur TP 2014/2015, (2) hasil belajar matematika siswa yang menggunakan Numbered Head Together lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan Make A Match pada siswa Kelas X SMA Negeri 1 Punggur TP 2014/2015.
Tidak tersedia versi lain