l,70 dan dengan taraf signifikan 1% yaitu 2,90 > 2,47. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka hipotesis dapat diterima sebab thitung - 4.70 lebih besar dari pada ttabei = 1,70 dan 2,47. Dengan demikian menunjukan bahwa metode pembelajaran bervariasi mempunyai pengaruh yang positif penggunaan metode pembelajaran bervariasi terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X 3 semester genap MAN 1 Metro tahun pelajaran 2014-2015." />
Text
Pengaruh penggunaan metode pembelajaran bervariasi terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X semester genap MAN 1 Metro TP 2014/2015
ABSTRAK
Liana Sari, Devi, 2015 : Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Bervariasi
Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Semester Genap MAN 1 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015. Sknpsi Jurusao Pmdidikm Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mx^hairiatii^a^iM^a^jP-eanbiTnbing (1) Dra. Ningrum, M.TA. Pembimbing (II) Drs. H. Sunarjo, M.Pd
Kata kunci : Pengaruh, Penggunaan Metode Pembelajaran
Bervariasi Dan Hasil Belajar Ekonomi
Berdasarkan hasil prasurvei yang penulis lakukan, yang menjadi masalah penelitian ini adalah masih banyak siswa yang belum tuntas pada mata pelajaran Ekonomi siswa Kelas X Semester Genap MAN 1 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015. Sehubungan dengan masalah tersebut maka rumusan masalah "Apakah ada pengaruh penggunaan Metode Pembelajaran Bervariasi terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas X semester genan MAN I Metro Tahun Pelajaran 2014/2015?". Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah "untuk mengetahui pengaruh penggunaan Metode Pembelajaran Bervariasi terhadap hasil belajar Ekonomi siswa keias X semester genap MAN 1 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015". Sedangkan hipotesis yang penulis ajukan adalah " ada pengaruh yang postitif penggunaan Metode Pembelajaran Bervariasi terhadap hasil belajar Ekonomi siswa keias X semester genap MAN 1 Metro Tahun Pelaiaran 2014/2015".
Penelitian ini dilaksanakan pada 32 siswa kelas X MAN 1 Metro sebagai sampel yaitu ditentukan secara Sampel Random Sampling. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen data penelitian ini di kumpulkan dengan menggunakan meiode observasi, wavvancara, dokumentasi, eksperimen, dan metode tes. Sedangkan untuk mengetahui tingkat validitas dan relibilitas digunakan rumus K-R 20 yaitu :
Tn = 7~T dan untuk menguji hipotesis digunakan rumus Regresi
rC~~~ A. W t
Linier Sederhana yaitu y = a + b X = 53,3503 + 0,3651 X yang dilanjutkan dengan rumus thitung yaitu thjt=^ = 2,90 dan dengan tarafsignifikan 5% dan ttabel = 2,90 >l,70 dan dengan taraf signifikan 1% yaitu 2,90 > 2,47.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka hipotesis dapat diterima sebab thitung - 4.70 lebih besar dari pada ttabei = 1,70 dan 2,47. Dengan demikian menunjukan bahwa metode pembelajaran bervariasi mempunyai pengaruh yang positif penggunaan metode pembelajaran bervariasi terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X 3 semester genap MAN 1 Metro tahun pelajaran 2014-2015.
Tidak tersedia versi lain