Text
Pengaruh penggunaan metode pemecahan masalah (problem solving) terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester genap MTs An-Nur Pelopor Bandar Jaya TP 2014/2015
ABSTRAK
Setia Ningsih, Lisa. 2015. Pengaruh Penggunaan Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving) terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII Semester Genap MTs An-Nur Pelopor Bandar Jaya Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan IlmU Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro, Pembimbing (1) Dra. Ningrum, MTA, pembimbing (2) Heri Supranoto, M.Pd.
Kata kunci, Metode Pemecahan Masa\ah(Problem Solving) dan hasil belajar
Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas VIII Semester Genap MTs An-Niif Pelopor Bandar Jaya diperoleh gambafan tentang keadaan kelas saat proses pembelajaran. berlangsung sebagai berikut: terdapat beberapa siswa yang kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hasil belajar siswa yang dikategorikan tuntas dengan persentase 30% dan dikategorikan belum tuntas derigan persentase 70%, sedangkan nilai kriteria ketuntasan minimum (KKM) kelas VIII Semester Genap MTs An-Nur Pelopor Bandar Jaya pada pelajaran IPS Terpadu adalah 70,00. Alteffiatif untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam belajar dan hasil belajar IPS Terpadu adalah dengan mengunakan Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving). Keunggulan Metode Pemecahan Masalah(/VoZ>/ew Solving) adalah siswa dituntut untuk aktif dalam proses pembelajaran dan untuk dapat mempertanggung jawabkan tugas yang telah diberikan oleh guru dalam proses pembelajaran serta melatih siswa kearah belajar mandiri, selain itu siswa menjadi lebih termotivasi untuk belajar. Rumusafl masalah dalam penelltian ini adalah Apakah ada pengaruh penggunaan Metode Pemecahan Masalah(/VoWe/w Solving) terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII Semester Genap MTs An-Nur Pelopor Bandar Jaya tahun pelajarari 2014/2015?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving) terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII Semester Genap MTs An-Nur Pelopor Bandar Jaya tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian menggunakan Pre-Experimen Design tipe one-group pretest-postest design dimana terdapat satu kelompok experimen yang dipilih secara cluster random sampling sehingga didapat kelompok experimen pada kelas VIII A yang berjumlah 32 siswa. Kelompok experimen tersebut diberikan pre-tesi untuk pengukuran awal pada variabel dependent yang kemudian diberikan treatmen dengan menggunakan Metode Pemecahan Masalah (Problem Solving) sebagai variabel independent dengan 2 kali perteffluan dan selanjutnya diberikan post-test untuk melihat hasil dari treatmen yang telah dilaksanakan sehingga dapat diketahui pengaruh variabel independent terhadap variabel dependent.
Bentuk instrument dalam penelitian ini adalah bentuk soal pilihan ganda (multiple choice test) dengan alternatif 4 option jawaban, dengan jumlah soal masing-masing bentuk soal sebanyak 20 butir soal tes.
Tidak tersedia versi lain