Text
Analisis penyebab kesulitan belajar fisika siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Metro TP 2014/2015
ABSTRAK
Suciati, Marisa Anggun. 2015. Analisis Penyebab Kesulitan Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 2 Metro Tahun Pelajaran 2014 2015. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan MIPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (1) Drs. Partono, M.Pd., (2) Dra. Hj. HRA. Mulyani, M.TA.
Kata Kunci: Penyebab Kesulitan Belajar Fisika
Kegiatan pembelajaran merupakan kegiatan yang penting dalam pendidikan, ini berarti bahwa berhasil tidaknya pencapaian tujuan pendidikan bergantung pada proses pembelajaran siswa. Siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Metro mengalami kesulitan belajar fisika, hal itu terlihat dari 82,7 % siswa belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan belajar fisika paling dominan yang berasal dari faktor internal dan faktor eksternal, serta mengetahui hubungannya. Sampel penelitian menggunakan 30 siswa yang diambil dari 3 kelas melalui teknik proporsional random sampling. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel yang terdiri dari 2 variabel bebas yaitu faktor internal dan faktor eksternal yang diperoleh melalui metode angket, observasi, dan wawancara. serta variabel terikat yaitu hasil belajar yang diperoleh melalui nilai ulangan. Metode pengolahan datanya adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif (korelasi).
Penyebab kesulitan belajar siswa yang berasal dari dalam diri siswa yaitu ketertarikan (rata-rata skor 2,01 pada skala 3), keigintahuan (rata-rata skor =2,00 pada skala 3), perasaan suka (rata-rata skor 2,00 pada skala 3), dan kecakapan belajar (rata-rata skor 1,72 pada skala 3) serta keempatnyanya berpotensi cukup berpengaruh. Sedangkan penyebab kesulitan belajar yang berasal dari luar diri siswa yaitu cara penyampaian guru (rata-rata skor 1,90 pada skala 3), cara evaluasi (rata-rata skor 2,00 pada skala 3), perlengkapan belajar (rata-rata skor 1,96 pada skala 3), dan aiang belajar (rata-rata skor 1,90 pada skala 3) berpotensi cukup berpengaaih serta sikap guru (rata-rata skor 1,15 pada skala 3) berpotensi. pengaruhnya rendah. Faktor penyebab kesulitan belajar siswa dari faktor internal dan eksternal memiliki hubungan yang berarti terhadap hasil belajar yakni pada terhadap X] terhadap Y memiliki nilai r = -0,7030 serta besar pengaruhnya 49,43%, X2 terhadap Y memiliki nilai r = -0,4260 serta besar pengaruhnya 18,17%, dan X] dan X2 terhadap Y memiliki besar pengaruhnya yaitu 59,13%. Penyebab kesulitan belajar memiliki hubungan negatif dengan hasil belajar fisika siswa artinya siswa yang tinggi potensi penyebab kesulitan belajarnya selalu mempuny'ai hasil belajar yang rendah, dan sebaliknya. Saran dari peneliti, bagi guru fisika kiranya untuk menjadikan hasil penelitian sebagai rujukan dalam memperbaiki proses pembelajaran fisika.
Tidak tersedia versi lain