Text
Pengembangan panduan praktikum fisika SMP berbasis inquiry terbimbing materi getaran dan gelombang
ABSTRAK
Rahayu, Restuning. 2015. Pengembangan Panduan Praktikum Fisika SMP Berbasis Enquiry Terbimbing Materi Getaran dan Gelombang. Skripsi, Jurusan Pendidikan MIPA Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing: (1) Dr. H. Nyoto Suseno, M.Si., (2) Drs. Partono, M.Pd.
Kata Kunci: pengembangan, panduan praktikum, fisika SMP, inquiry terbimbing.
Penelitian pengembangan merupakan suatu bentuk penelitian yang pada akhirnya akan menghasilkan suatu produk tertentu. Produk pengembangan diharapkan mampu membuat kegiatan pembelajaran menjadi efektif dan efesien. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan panduan praktikum fisika SMP yang layak dan mengetahui tingkat kelayakan panduan praktikum. Panduan praktikum merupakan suatu acuan yang dapat membimbing siswa dalam melakukan praktek sesuai proses ilmiah.
Penelitian dilakukan dengan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan tiga tahapan yaitu pendefinisian, perancangan dan pengembangan. Uji coba dilakukan dalam dua tahap, yakni uji ahli dan uji kelompok kecil. Uji coba ahli terdiri dari ahli panduan praktikum dan ahli materi/dasar teori panduan praktikum. Uji ahli dilaksanakan untuk mengetahui tingkat kelayakan panduan praktikum. Uji coba kelompok kecil dimaksudkan untuk mendapatkan respon dari guru dan siswa. Uji coba kelompok kecil dilaksanakan di SMP Negeri 7 Kota Metro pada kelas VIII C. Alat pengumpul data berupa lembar validasi, angket respon guru, dan angket respon siswa.
Hasil penelitian ini: (1) hasil perkembangan panduan praktikum fisika SMP saat ini berdasarkan hasil persentase komponen panduan praktikum kurang dari 80%, (2) dihasilkan panduan praktikum fisika SMP berbasis inquiry terbimbing yang layak, (3) tingkat kelayakan panduan praktikum praktikum fisika SMP berbasis inquiry terbimbing dengan persentase rata-rata menurut ahli panduan praktikum 81,63% dan ahli materi 82,53% dengan kategori "sangat layak". Hasil rata-rata persentase angket respon guru terhadap keterlaksanaan panduan praktikum sebesar 100,00% dan angket respon siswa sebesar 94,07% dengan kategori "sangat baik" . (4) Kelebihan panduan praktikum ini dapat membimbing dalam siswa menemukan konsep dan telah di analisis berdasarkan kurikulum KTSP. Kekurangan panduan praktikum ini tidak adanya pembagian waktu untuk masing-masing percobaan dan tidak semua siswa mengalami fonomena alam yang dicantumkan dalam panduan praktikum.
Saran (1) persiapan dan pengelolaan waktu yang baik dalam praktikum menggunakan panduan praktikum fisika SMP berbasis inquiry terbimbing, (2) digunakan pada jumlah siswa lebih banyak pada kelas sesungguhnya, dan (3) diberikan contoh fonomena alam yang lebih banyak sehingga siswa mudah mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
Tidak tersedia versi lain