Text
Pengaruh penggunaan metode Mind Mapping terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 3 Metro TP 2014/2015
ABSTRAK
Sekti, Retno Fitra. 2015. Pengaruh Penggunaan Metode Mind Mapping Terhadap Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XSMKNegeri 3 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Pendidikan MIPA Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (1) Drs. Partono., M.Pd., (2) Dedy Hidayatullah A, M.Pd.
Kata Kunci: Pengaruh, Mind Mapping, Kreativitas, Hasil Belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil tes kemampuan berpikir kreatif dan tes hasil belajar siswa antara kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode mind mapping dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode pembelajaran yang berbeda. Populasi dalam penelitian ini semua siswa kelas X TKJ SMK Negeri 3 Metro yang berjumlah 64 siswa dan sampel diambil menggunakan teknik sampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel dengan seinua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Jenis penelitian eksperimen semu dengan posstest-only control design.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil tes kemampuan berpikir kreatif antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perhitungan hasil analisis uji-t pada taraf signifikansi 5% diperoleh truing 2,3286 dan tdafiar 2,00 dengan rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa yang belajar dengan metode mind mapping pada kelompok eksperimen adalah 61,22 dan rata-rata hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelompok kontrol adalah 54,28. Kemudian berdasarkan analisis data tes hasil belajar antara siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Perhitungan hasil analisis uji-t pada taraf signifikansi 5% diperoleh thitung 6,4325 dan tdaftar 2,00 dengan rata-rata tes hasil belajar siswa yang belajar dengan metode mind mapping pada kelompok eksperimen adalah 80,28 dan rata-rata tes hasil belajar siswa pada kelompok kontrol adalah 60,34.
Adapun faktor-faktor positif yang mendukung metode mind mapping berpengaruh terhadap kreativitas dan hasil belajar adalah Siswa sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran fisika serta dapat menciptakan situasi kelas yang kondusif sehingga pembelajaran berlangsung tertib dan efisien, Siswa dalam berkelompok mampu bekerja sama dengan baik antar anggota kelompok dalam menemukan ide-ide yang di tuangkan dalam peta pikiran.
Berdasarkan temuan dalam penelitian ini, peneliti menyarankan supaya guru pada saat proses pembelajaran fisika sebaiknya menggunakan metode mind mapping karena metode pembelajaran ini baik digunakan untuk merangsang kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa akan lebih baik.
Tidak tersedia versi lain