Text
Analisis minat dan hasil belajar pada implementasi metode think pair share (TPS) siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Metro TP 2014/2015
ABSTRAK
Damayanti, Vembriah Windy. 2015. Analisis Minat dan Hasil Belajar pada Implementasi Metode Think Pair Share (TPS) Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Pendidikan MIPA. Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (1) Dr. Muhfahroyin, S.Pd., M.T.A. (2) Dedy Hidayatullah A., M.Pd.
Kata Kunci: TPS, Minat Belajar Siswa, Hasil Belajar Kognitif Siswa
Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Metro diperoleh gambaran tentang minat siswa saat proses pembelajaran terdapat beberapa siswa kurang serius dalam mengikuti pelajaran. Siswa masih main-main saat pembelajaran sedang berlangsung dan masih ada siswa yang mengobrol saat guru sedang menjelaskan materi atau pun guru memberikan tugas untuk diselesaikan. Hasil belajar siswa VHI rendah dengan presentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar dengan presentase 7,69% dengan jumlah siswa 2 orang. Metode TPS digunakan dalam proses pembelajaran untuk menganalisis minat dan hasil belajar siswa.
Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mengetahui minat belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Metro, (2)Mengetahui hasil belajar dari metode TPS pada siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Metro, (3) Mengetahui hubungan antara hasil belajar ranah kognitif dari metode TPS dengan minat belajar siswa SMP Negeri 9 Metro.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP Negeri 9 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan jumlah 24 siswa. Tahap dalam penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data untuk mengamati minat belajar dengan menggunakan angket. Sedangkan untuk mengukur hasil belajar kognitif menggunakan tes tertulis berupa soal tes berbentuk uraian.
Berdasarkan analisis data hasil penelitian dengan materi bunyi dapat disimpulkan bahwa, (1) secara keseluruhan siswa SMP Negeri 9 Metro memiliki rata-rata minat belajar tinggi dengan persentase sebesar 58%, siswa yang memiliki minat belajar dengan kategori sedang dengan persentase sebesar 38%, dan siswa yang memiliki minat belajar dengan kategori rendah dengan persentase sebesar 4%, (2) secara keseluruhan siswa memiliki rata-rata hasil belajar kognitif tinggi denagn persentase sebesar 83,3%, dan siswa yang memiliki minat belajar dengan kategori sedang dengan persentase sebesar 16,7%, (3) Minat belajar memiliki hubungan terhadap hasil belajar kognitif artinya siswa yang memiliki minat tinggi akan menstimulus hasil belajar kognitif tinggi, dan dari hasil penelitian memiliki hubungan dalam ketegori rendah yaitu sebesar r = 0,2197.
Tidak tersedia versi lain