Text
Perbandingan model pembelajaran cooperative learning tipe picture and picture dan artikulasi terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas X semester genap SMK Negeri 2 Metro TA 2014/215
ABSTRAK
Novikasari, Windy. 2015. Perbandingan model pembelajaran cooperative learning tipe picture and picture dan artikulasi terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas X semester genap SMK Negeri 2 Metro tahun ajaran 2014/2015. Skripsi, jurusan Ifara Pengetahuan Sosial Program Studi Pendidikan Sejarah Fakultas Keguruan dan Hmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro, Pembimbing: (I) Dra. Sumiyatun, M.Pd, pembimbing (II) Dra. Hj. Elis Setiawati, M.Pd.
Kata kunci: iviodei Pembeiajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Artikulasi dan Hasil Belajar
Pendidikan merupakan salah satu sektor penting dalam pembangunan disetiap negara. Berhasil tidaknya pendidikan yang akan menentukan maju mundurnya negara tersebut. Dunia pendidikan tidak terlepas dari belajar dan hasil belajar. belajar adalah suatu proses yang diiakukan seseorangan dengan mengamati, membaca, meniru, mencoba sesuatu, mendengar dan mengikuti arah tertentu, serta dari yang tidak bisa menjadi bisa, dari yang tidak tahu menjadi tahu. Belajar tidak hanya diiakukan disekolah namun juga bisa diiakukan diluar sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar sejarah dan untuk mengetahui mana yang lebih fmggi hasil belajar sejarah yang belajar menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Picture And Picture dengan siswa yang belajar dengan menggunkana model pembelajaran Artikulasi pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Metro Tahun Ajaran 2014/2015. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan rata-tara hasil belajar Sejarah siswa antara yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Picture And Picture dengan tipe Artikulasi pada siswa kelas X SMK Negeri 2 Metro Tahun Ajaran 2014/2015.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Metro siswa kelas X semester genap tahun ajaran 2014/2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X Sejarah semester genap SMK Negeri 2 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015. Sedangkan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan dua kelas dari lima belas keias yang ada. 1 eknik anaiisis data dengan uji t-tes.
Tidak tersedia versi lain