Text
Pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe inside outside circle terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 5 Metro TP 2014/2015
ABSTRAK
Marina 2015. Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Inside Outside Circle Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VHIE Semester Genap SMP Negeri 5 Metro Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Elis Setiawati, M.Pd (II), Dra. Ningrum, M.TA
Kata Kunci : Pengaruh, Model Cooperative Learning Tipe Inside Outside Circle, dan Hasil Belajar.
Model cooperative Learning tipe Inside Outside Circle (IOC) adalah model pembelajaran dengan sistem lingkaran kecil dan lingkaran besardimana siswa saling membagi informasi pada waktu yang bersamaan dengan pasangan yang berbeda dengan teratur . hasil belajar adalah perubahan perilaku yang relatif menetap dalam diri seseorang sebagai akibat dari interaksi seseorang dengan lingkungannya.
Berdasarkan pra survey dan observasi di SMP Negeri 5 Metro yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah "Masih banyak siswa yang belum tuntas hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 5 Metro Tahun Ajaran 2014/2015. Kemudian dari permasalahan tersebut dapat dirumuskan masalah sebagai berikut : "Apakah ada pengaruh penggunaan model Cooperative Learning Tipe Inside Outside Circle terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 5 Metro tahun ajaran 2014/2015".
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Cooperative Learning Tipe Inside Outside Circle terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 5 Metro tahun ajaran 2014/2015. Hipotesis dalam penelitian ini adalah Ada pengaruh yang positif penggunaan model Cooperative Learning Tipe Inside Outside Circle terhadap hasil belajar IPS Terpadu kelas VIII semester genap SMP Negeri 5 Metro Tahun Ajaran 2014/2015.Hipotesis dalam penelitian ini adalah "Ada pengaruh positif penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Inside Outside Circle terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 5 Metro tahun ajaran 2014/2015.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dengan menggunakan desain eksperimen Quasi Experimental Design. Karena dalam desain Quasi Experimental Design ini, peneliti tidak dapat mengontrol semua variabel luar yang mempengaruhi jalannya eksperimen. Dimana terdapat satu kelompok eksperimen yang di pilih secara cluster random sampling sehingga didapat kelompok eksperimen pada kelas VIII E yang berjumlah 30 siswa. Kelompok tersebut diberi/?re test untuk mengukur variabel dependen yang kemudian diberi sebuah treatment dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Inside Outside.
Tidak tersedia versi lain