ang berjumlah 265 siswa. Pengarnbilan sampel menggunakan teknik random sampling :an yang menjadi sampelnya adalah kelas X ISOS 4 semester genap di SMA N 1 -rrolinggo tahun pelajaran 2014/2015, sebanyak 32 siswa. Penelitian ini adalah :■= elitian eksperimen dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model ixmbelajaran CTL terhadap hasil belajar Ekonomi. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dokumentasi, eksperimen, dan tes." />
Text
Pengaruh model pembelajaran CTL (contextual teaching learning) dengan hasil belajar ekonomi sisa kelas X semester genap SMA Negeri 1 Purbolinggo TP 2014/2015
ABSTRAK
Pangestu, Barep. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran CTL {Contextual Teaching Learning) dengan Hasil Belajar Ekononi Siswa Kelas X Semester Genap SMA N1 Purbolinggo Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Jurusan Pendidikan IPS, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Dosen Pembimbing (1) Drs. H. Ragil Agustono, M.Pd. (2) Dra. Ningrum M.TA.
Ma Kunci: Model Pembelajaran CTL(Contextual Teaching Learning), Hasil Belajar Ekonomi
Model pembelajaran CTL menggunakan metode yang mengaitkan realita dilingkungan yang ada di tengah kehidupan peserta didik ke dalam materi pembelajaran. Pembelajaran yang penulis coba terapkan saat penelitian mencoba menggali daya nalar peserta didik, bukan hanya mampu menjawab pertanyaan namun mampu memahami makna dari materi pelajaran melalui pernahaman sebelumnya serta yang mereka temukan li lingkungan. Sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dan menyadarkan peserta didik untuk terlibat aktif.
Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini yaitu " Masih banyak siswa yang belum tuntas hasil belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas X semester genap di SMA N 1 Purbolinggo tahun pelajaran 2014/2015". Dari masalah tersebut maka rumusan masalahnya adalah "Apakah ada pengaruh antara model pembelajaran CTL(Contextual Teaching Learning) dengan hasil belajar Ekonomi Siswa Kelas X Semester Genap SMA N 1 Purbolinggo Tahun Pelajaran 2014/2015?" Tujuan dari penelitian ini adalah: untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran CTL(Contextual Teaching Learning) dengan hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Semester Genap SMA N 1 Purbolinggo Tahun Pelajaran 2014/2015.
Adapun kegunaan penelitian ini adalah sebagai berikut: Dengan memahami
ixngaruh penggunaan model pembelajaran CTL(Contextudl Teaching Learning) dengan
belajar siswa kelas X Semester genap SMA N 1 Purbolinggo, maka dapat peneliti
■ an pengalaman dan wawasan dalam memilih model pembelajaran yang tepat jika
adi pendidik. Maka hipotesis yang penulis ajukan adalah: "Ada pengaruh yang positif
eunaan Model Pembelajaran Contextual Teaching LearningiCTL) dengan hasil
•viajar Ekonomi siswa kelas X SMA N 1 Purbolinggo Tahun Pelajaran 2014/2015."
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 1 purbolinggo >ang berjumlah 265 siswa. Pengarnbilan sampel menggunakan teknik random sampling :an yang menjadi sampelnya adalah kelas X ISOS 4 semester genap di SMA N 1 -rrolinggo tahun pelajaran 2014/2015, sebanyak 32 siswa. Penelitian ini adalah :■= elitian eksperimen dan bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model ixmbelajaran CTL terhadap hasil belajar Ekonomi. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dokumentasi, eksperimen, dan tes.
Tidak tersedia versi lain