Text
Pengaruh penggunaan model Cooperative learning tipe numbered head together terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 2 Metro TP 2014/2015
ABSTRAK
Andrian, Novan 2015. Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Pendidkan IPS Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing: (I) Dra. Ningrum, M.TAJII).Dra. Hj. Elis Setiawati, M.Pd
Kata Kunci: Pengaruh, penggunaan model Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar.
Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Metro diperoleh gambaran tentang keadaan kelas saat proses pembelajaran berlangsung sebagai berikut: masih banyak siswa yang belum tuntas dalam Hasil Belajar IPS Terpadu. Hasil belajar siswa yang dikategorikan tuntas dengan persentase 30,30% dan dikategorikan belum tuntas dengan persentase 69,70%, sedangkan nilai criteria ketuntasan minimum (KKM) kelas VIII SMP Negeri 2 Metro mata pelajaran IPS terpadu adalah 70. Altematif untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar adalah dengan mengunakan model Numbered Head Together (NHT). model Numbered Head Together (NHT) diharapkan bisa lebih aktif dalam proses pembelajaran karena model pembelajaran ini lebih menekankan keterlibatan siswa yang akan nampak dari awal hingga akhir proses sehingga pada akhirnya hasil belajar siswa akan meningkat. Penulis menemukan permasalahan yaitu masih banyaknya siswa yang belum tuntas hasil belajar IPS terpadu kelas VIII semester genap SMP Negeri 2 Metro tahun pelajaran 2014/2015, dari masalah tersebut, penulis merumuskan masalah "Apakah ada pengaruh penggunaan model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 2 Metro Tahun pelajaran 2014/2015?"
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 2 Metro tahun pelajaran 2014/2015. Hipotesis dalam penelitian ini adalah: "Ada pengaruh yang positif penggunaan model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap hasil belajar IPS terpadu siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 2 Metro yang positif penggunaan Tahun pelajaran 2014/2015".
Desain penelitian menggunakan pre experimental design one group pretest-posttest design dimana terdapat satu kelompok experimen yang dipilih secara Sampling Purposive sehingga didapat kelompok experimen pada kelas.
Tidak tersedia versi lain