Text
Pengaruh metode pembelajaran bervariasi terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X IPS semester genap SMA Negeri 1 Way Jepara TP 2014/2015
ABSTRAK
Astuti, Retna Windi. 2015. Pengaruh Metode Pembelajaran Bervariasi Terhadap Hasil Belajar
Ekonomi siswa kelas X IPS Semester Genap SMA Negeri 1 Way Jepara tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro, pembimbing (1) Dra. Hj. Ningrum, M.TA. pembimbing (II) Wakijo, M,Pd.
Kata kunci: Pengaruh, Metode Pembelajaran Bervariasi dan Hasil Belajar
Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas X IPS SMA Negeri 1 Way Jepara diperoleh gambaran tentang keadaan kelas saat proses pembelajaran berlangsung sebaagi berikut: terdapat beberapa siswa yang tidak mengerjakan tugas dan kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hasil belajar siswa yang dikategorikan tuntas dengan persentase 28,6% dan dikategorikan belum tuntas dengan persentase71,4%, sedangkan nilai kriteria ketuntasan minimum (KKM) kelas X IPS SMA Negeri 1 Way Jepara pada mata pelajaran Ekonomi adaiah 70. Alternatif untuk meningkatkan aktivitas belajar dan hasil belajar Ekonomi adaiah dengan mengunakan metode Bervariasi. Metode Bervariasi diharapkan bisa lebih aktif dalam proses pembelajaran karena model pembelajaran ini lebih menekankan keterlibatan siswa yang akan nampak dari awal hingga akhir proses sehingga pada akhirnya hasil belajar siswa akan meningkat. penulis menemukan permasalahan yaitu masih banyaknya siswa yang belum tuntas hasil belajar Ekonomi kelas X IPS semester genap SMA Negeri 1 Way Jepara tahun pelajaran 2014/2015, dari masalah tersebut, penulis merumuskan masalah "Apakah ada pengaruh metode pembelajaran Bervariasi terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas X IPS semester gaenap \ Negeri 1 Way Jepara Tahun pelajaran 2014/2015?"
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Bervariasi terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas X IPS semester genap SMA Negeri 1 Way Jepara Irfiun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian menggunakan pre experimental design one group pretest-posttest design dimana terdapat satu ompok experimen yang dipilih secara Sampling Purposive sehingga didapat kelompok experimen pada kelas X.IPS2 yang berjumlah 33 siswa. Kelompok experimen tersebut diberikan pre-test untuk pengukuran awal pada variabel dependent yang kemudian diberikan treatmen dengan menggunakan metode pembelajaran Bervariasi sebagai variabel independent dengan 6 cadi pertemuan dan selanjutnya diberikan post-test untuk melihat hasil dari treatmen yang telah -ilaksanakan sehingga dapat diketahui pengaruh variabel independent terhadap variabel dependent.
hipotesis dalam penelitian ini adaiah: "Ada pengaruh yang positif penggunaan metode pembelajaran Bervariasi terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas X IPS semester nap SMA Negeri 1 Way Jepara Tahun pelajaran 2014/2015".
Tidak tersedia versi lain