Text
Pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe script terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII semester genap SMP Negeri 1 Kota Gajah TP 2014/2015
ABSTRAK
Rifa'i, Muhamad 2015. Pengaruh Penggunaan model pembelajaran cooperatif tipe script Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII Semester Genap SMPN 1 Kotagajah Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing : (1) Dra. Hj. Maryatun, M.M (2) Heri Supranoto, M.Pd
Kata kunci :Pengaruh Penggunaan Model pembelajaran cooperatif tipe script, Dan Hasil Belajar
Berdasarkan hasil observasi di SMPN 1 Kotagajah kelas XI dilihat dari nilai mid semester ganjil tahun pelajaran 2014/2015 menunjukan bahwa masih banyak siswa yang belum mencapai kreteria ketuntasan minimum (KKM) yaitu 75, terlihat bahwa siswa yang tuntas hanya 6 siswa atau (25%), sedangkan siswa yang belum tuntas 18 siswa atau (75%). Berdasarkan pra survai dan observasi di SMPN 1 Kotagajah yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah masih banyaknya siswa yang belum tuntas hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII semester genap SMPN 1 Kotagajah tahun pelajaran 2014/2015. Kemudian dari permasalahan tersebut dapat dirumuskan masalah sebagai berikut : "Apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran cooperatif tipe script terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII semester genap SMPN 1 Kotagajah tahun pelajaran 2014/2015".
Untuk mengatasi masalah tersebut diatas, maka peneliti memilih model pembelajaran yang dianggap tepat yaitu Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Script Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswakelas VII semester genap SMPN 1 Kotagajah tahun pelajaran 2014/2015". Dengan menggunakan pendekatan pembelajaran ini, siswa diharapkan bisa lebih aktif dalam proses pembelajaran karena pendekatan pembelajaran ini lebih menekankan keterlibatan siswa sehingga pada akhirnya hasil belajar siswa akan lebih meningkat. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah " untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Script Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswa Kelas VII semester genap SMPN 1 Kotagajah tahun Pelajaran 2014/2015". Sedangkan hipotesis yang peneliti ajukan adalah "Ada Pengaruh Positif Penggunaan Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Script Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Siswakelas VII semester genap SMPN 1 Kotagajah tahun pelajaran2014/2015".
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMPN 1 Kotagajah Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 104 siswa. Dalam pengambilan sampel peneliti menggunakan Cluster Sampling dan yang menjadi sampel adalah VIIA yang berjumlah 24 siswa. Instrumenst penelitian yang digunakan meliputi soal pre test dan post test dengan bentuk soal pilihan ganda dengan alternatif pilihan jawaban adalah (a,b,c,d,d) dengan jumlah masing-masing soal adalah 20 soal.
Tidak tersedia versi lain