Text
Pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe think pair share terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VII semester genap MTs Al-Muhsin Metro TP 2014/2015
ABSTRAK
Nurmayanto, Mujib. 2014. Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Tipe Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar IPS Terpadu Peserta Didik Kelas VIII Semester Genap MTs Al-Muhsin Metro Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi Jurusan Pendidikan IPS, Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (1) Dra. Ningrum, M.TA. (2) Dra. Hj. Maryatun. MM
Kata Kunci : Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) dan Hasil Belajar IPS Terpadu
Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) adalah salah satu metode dari model cooperative dimana siswa berinteraksi dengan pasangannya dan kemudian berdiskusi untuk berbagi informasi secara efisien. Strategi Think Pair Share ini berkembang dari penelitian belajar Cooperative dan waktu tunggu. Dan berfokus pada pembelajaran peserta didik. Hasil belajar adalah sesuatu hasil yang diperoleh peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran IPS Terpadu dimana peserta didik akan memperoleh suatu perubahan penguasaan sejumlah pengetahuan (kognitif), sikap (afektifi dan keterampilan (psikomotor) yang tampak dari tingkah laku peserta didik yang berupa nilai. Hasil belajar dapat dilihat dari KKM IPS terpadu yaitu > 70.
Berdasarkan hasil survei yang penulis lakukan yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah masih banyak peserta didik yang belum tuntas pada mata pelajaran IPS Terpadu peserta didik kelas VIII semester genap MTs Al-Muhsin Metro Tahun Pelajaran 2014/2015. Sehubungan dengan masalah tersebut maka rumusan masalahnya adalah "Apakah terdapat pengaruh penggunaan model Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar IPS Terpadu peserta didik kelas VIII semester genap MTs Al-Muhsin Metro Taliun Pelajaran 2014/2015?".
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah "Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Model Cooperative Learning Tipe Tnink Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar IPS Terpadu peserta didik kelas VIII semester genap MTs Al-Muhsin Metro Tahun Pelajaran 2014/2015". Sedangkan hipotesis yang penulis ajukan adalah "Ada pengaruh yang positif penggunaan model TPS terhadap hasil belajar IPS Terpadu peserta didik kelas VIII semester genap MTs Al-Muhsin Metro Tahun Peiajaran 2014/2015".
Tidak tersedia versi lain