Text
Pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe jigsaw terhadap hasil belajar ekonomi sisa kelas X IPS semester genap MAN 1 Lampung Timur TP 2014/2015
ABSTRAK
Nur Fatoni, Amin.2014. Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning
Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Ekonomi SiswaKelas X Ips
Semester Genap MAN1 Lampung Timur. Tahun Pelajaran 2014/2015.
Skripsi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Program Studi
Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Metro, Pembimbing
(I)Dra.Ningrum,M.TA Pembimbing (II) Wakijo, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci : Pengaruh, Penggunaan Model Cooperative Learning tipeJigsaw,dan Hasil Belajar
Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas X IPS2 MAN 1 Lampung Timur diperoleh gambaran tentang keadaan kelas saat proses pembelajaran berlangsung sebagai berikut: terdapat beberapa siswa yang tidak mengerjakan tugas dan kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Hasil belajar siswa yang dikategorikan tuntas dengan persentase 30,30% dan dikategorikan belum tuntas dengan persentase 69,70% ,sedangkan nilai kriteria ketuntasan minimum (KKM) kelas X IPS MAN 1 Lampung Timur pada mata pelajaran Ekonomi adalah 7,50. Altematif untuk meningkatkan akttvitas belajar dan hasil belajar Ekonomi adalah dengan mengunakan Model Cooperative Learning tipe Jigsaw. Keunggulan Model Cooperative Learning tipe Jigsaw adalah siswa dituntut untuk aktif dalam proses pembelajaran dan siswa dituntut untuk dapat mempertanggung jawabkan tugas yang telah diberikan oleh guru dalam proses pembelajaran serta melatih siswa kearah belajar mandiri.penulis menemukan permasalahan yaitu masih banyaknya siswa yang belum tuntas hasrl belajar Ekonomi kelas X IPS semester genap MAN lLampung Timur Tahun Ajaran 2014/2015, dari masalah tersebut, penulis merumuskan masalah "Apakah ada pengaruh penggunaan Model Cooperative Learning tipe J/gsawterhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas X IPS semester genapMAN 1 Lampung Timur Tahun Pelajaran 2014/2015?"
Penelitian ini bertujuan untuk rnengetahui pengaruh penggunaan Model Cooperative Learning tipe Jigsaw terhadap hasil belajar Ekonomi siswa kelas X IPS semester genap MAN 1 Lampung Timur tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian menggunakan pre experimental design one group pretest-posttest design dimana terdapat satu kelompok experimen yang dipilih secarasampling purposive sehingga didapat kelompok experimen pada kelas X IPS 2 yang berjumlah 33 siswa. Kelompok experimen tersebut diberikan pre-test untuk pengukuran awal pada variabel dependent yang kemudian diberikan treatmen dengan menggunakan Model Cooperative Learning tipe Jigsaw sebagai variabel independent dengan 6 kali pertemuan dan selanjutnya diberikan post-test untuk melihat hasil dari treatmen yang telah dilaksanakan sehingga dapat diketahui pengaruh variabel independent terhadap variabel dependent.
Tidak tersedia versi lain