Text
Pengaruh penggunaan media teknologi informasi terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X semester genap SMA Negeri 1 Punggur TP 2014/2015
ABSTRAK
Sari, Windy Afria. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Teknologi Informasi Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Punggur Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Jurusan Pendidikan IPS Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (1) Dra. Ningrum, M.TA. (2) Drs. H. Ragil Agustono, M.Pd.
Kata kunci: Media Teknologi Informasi, Hasil Belajar.
Teknologi Informasi adalah gabungan antara teknologi komputer dan teknologi telekomunikasi yang digunakan manusia untuk berkomunikasi dan berbagi informasi seperti, mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu. Hasil belajar adalah hasil yang dicapai peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran setelah melakukan evaluasi dalam prestasi belajar.
Berdasarkan hasil prasurvey yang penulis lakukan, yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah "Masih banyak siswa yang belum tuntas dalam hasil belajar Ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 1 Punggur Tahun ajaran 2014/2015". Sehubungan dengan permasalah tersebut maka rumusan masalahnya adalah "Apakah terdapat Pengaruh Penggunaan Media Teknologi Informasi Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas kelas X SMA Negeri 1 PunggurTahun ajaran 2014/2015?". Alternatif untuk meningkatkan hasil belajar adalah menggunakan Media Teknologi Informasi dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah "Untuk mengetahui pengaruh penggunaan Media Teknologi Informasi terhadap hasil belajar Ekonomi siswa ketas kelas X SMA Negeri 1 Punggur Tahun ajaran 2014/2015" Sedangkan hipotesis yang penulis ajukan adalah "Ada pengaruh positif Penggunaan Media Teknologi Informasi Terhadap Hasil Belajar Ekonomi kelas X SMA Negeri 1 Punggur Tahun ajaran 2014/2015"
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri Punggur yang berjumlah 116 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling dan yang menjadi sampelnya adalah kelas Xg sebanyak 30 siswa. Data penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dokumentasi, eksperimeri, dan tes. Sedangkan untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas tes menggunakan rumus K-R 20 menurut Suharsimi Arikunto (2006:188).
Tidak tersedia versi lain