Text
Penerapan metode discovery learning untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Batanghari TP 2014/2015
ABSTRAK
RAMADHANI, MUHAMMAD. 2015. Penerapan Metode Discovery Learning untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII di SMP Negeri 1 Batanghari Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Pendidikan MIPA Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing: (1) Dr. Muhfahroyin, M.TA. (2) Swaditya Rizki, M.Sc.
Kata Kuncr. Metode discovery learning, kreativitas siswa, dan hasil belajar.
Proses pembelajaran di sekolah bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik dan mempersiapkan menghadapi masa depan yang lebih baik. Sehubungan dengan hal tersebut diatas, salah satu ukuran berhasil atau tidaknya proses belajar mengajar dapat dilihat dari kreativitas dan hasil belajar yang diperoleh siswa setelah mengikuti proses pembelajaran dengan metode yang diterapkan oleh guru. Pembelajaran dengan menggunakan metode discovery learning membuat siswa lebih aktif bertanya, memecahkan masalah, dan menyampaikan pendapat. Sehingga dengan penerapan metode discovery learning membuat pembelajaran di kelas semakin menyenangkan dan tidak membosankan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran dengan menggunakan metode discovery learning dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar matematika siswa kelas VII B di SMP Negeri 1 Batanghari.
Penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 1 Batanghari Tahun Pelajaran 2014/2015 termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggambarkan suatu proses yang dinamis yang meliputi aspek perencanaan, tindakan. observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan metode discovery learning dalam proses mengajar di kelas dan sebagai sampel penelitian adalah kelas VII B SMP Negeri 1 Batanghari. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi kreativitas dan metode tes.
Hasil analisis menunjukkan bahwa persentase setiap indikator kreativitas belajar siswa yang selalu meningkat pada siklus I dan siklus II antara lain: a) Memiliki rasa ingin tahu pada siklus I 51,61% dan meningkat pada siklus II sebesar 83,87%, b) Mampu menunjukkan pendapat secara spontan dan tidak malu-malu pada siklus I 61,29% dan meningkat pada siklus II sebesar 90,32%, c) Dapat bekerja sendiri pada siklus I 48,39% dan meningkat pada siklus II sebesar 80,65%, d) Sering mencoba hal-hal baru pada siklus I 58,07% dan meningkat 87,10% pada siklus II. Peningkatan indiktor kreativitas pada siklus II telah memenuhi kualifikasi kreativitas belajar siswa yang diinginkan yaitu pada interval 60%
Tidak tersedia versi lain