Text
Efektifitas strategi pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari aktivitas belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Metro TP 2014/2015
ABSTRAK
Kurniawan, Edy. 2015. Efektivitas Strategi Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Aktivitas Belajar Siswa SMP Negeri 2 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Pendidikan MIPA Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing: (1) Drs. H. Sudarman Dami, M. Pd (2) Dr. Agus Sutanto, M. Si.
Kata Kunci: Strategi Problem Based Learning, aktivitas, hasil belajar
Pembelajaran di SMP Negeri 2 Metro masih cenderung menggunakan strategi pembelajaran Interaktif, akibatnya aktivitas dan hasil belajar siswa di SMP Negeri 2 Metro masih cukup rendah. Untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa, salah satu strategi yang dapat digunakan adalah strategi Problem Based Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar antara siswa yang diajar dengan strategi Problem Based Learning dan strategi pembelajaran Interaktif, hasil belajar antara siswa yang mempunyai aktivitas belajar tinggi dengan siswa yang mempunyai aktivitas belajar sedang dan aktivitas belajar rendah, dan hasil belajar antara siswa yang mempunyai aktivitas belajar sedang dengan siswa yang mempunyai aktivitas belajar rendah.
Penelitian ini termasuk eksperimen semu yang dilakukan di SMP Negeri 2 Metro kelas VII semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Pada penelitian ini kelas VILA sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan dengan strategi Problem Based learning, dan kelas VII. B sebagai kelas kontrol dengan strategi Interaktif. Teknik pengambilan sampel dengan cara cluster random sampling. Pengumpulaii data dilakukan melalui dokumentasi untuk data kemampuan awal, observasi untuk data aktivitas belajar, dan tes untuk data hasil belajar matematika. Sebelum instrumen tes digunakan, terlebih dahulu dilakukan uji coba untuk mengetahui validitas dan reliabilitas soal. Sebelum penelitian, dilakukan juga uji keseimbangan untuk mengetahui kedua sampel mempunyai kemampuan awal yang sama.
Hasil analisis menunjukkan terdapat pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar matematika dengan rataan marginal kelompok strategi Problem Based learning 65,246 dan kelompok strategi pembelajaran Interaktif 61,538, dan terdapat pula pengaruh aktivitas terhadap hasil belajar matematika. Hasil komparasi ganda diperoleh F2_^>2FQ0V2.6O berarti terdapat beda rataan
antara aktivitas belajar sedang dengan aktivitas belajar tinggi. Dari rataan marginal B2 = 64,641 dan B3 = 78,714 terlihat bahwa hasil belajar siswa dengan aktivitas belajar tinggi lebih tinggi dari hasil belajar siswa dengan aktivitas belajar sedang. Dengan FY_3>2 Fo QV1.60 terdapat perbedaan rataan antara aktivitas
belajar tinggi dengan aktivitas belajar rendah.
Tidak tersedia versi lain