Text
Pengembangan bahan ajar natematika berbasis Open Ended berbentuk majalah pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) SMP PGRI 1 Batanghari
ABSTRAK
Astuti, Desna Amalia 2015, Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Open-Ended Berbentuk Majalah Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) SMP PGRI 1 Batanghari. Skripsi, Jurusan Pendidikan MIPA, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Metro, Pembimbing (1) Drs. H. Jazim Ahmad., M.Pd (2) Swaditya Rizki., M.Sc.
Kata Kunci: Bahan Ajar Matematika Berbasis Open-Ended berbentuk majalah.
Berdasarkan pra survey yang dilakukan di SMP PGRI 1 Batang Hari bahwa selama mengajar guru menggunakan bahan ajar berupa buku cetak, dari internet atau pernah mengembangkan bahan ajar sendiri berupa hand book atau lembaran lepas namun belum terlalu fokus mengembangkan bahan berbasis pendekatan seperti berbasis kontekstual, inkuiri, open-ended dan sebagainya. Dan masih sering ditemukan kejenuhan pada peserta didik ketika belajar matematika, seperti malas mempelajari buku cetak, bermain-main saat pelajaran matematika, kurang tertarik dengan pelajaran matematika.Adapun tujuan dalam pengembangan bahan ajar ini adalah "Mengembangkan bahan ajar yang layak berbasis open-ended berbentuk majalah pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)".
Metode pengembangan yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan Reserch and Development (R & D) menurut Sugiyono. Dengan langkah-langkah sebagai berikut: Potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian.Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Untuk kelayakan bahan ajar penelitian mempunyai target minimal mendapatkan persentase 61% atau layak. Validator materi dan desain diuji oleh Novalia, S.Pd.. M.Si, Sandi Devita Sari, S.Pd, Surati S.Pd. Validasi bahasa dilakukan oleh Novalia, S.Pd., M.Si, Serly Fatmayanti, S.Pd, Hidayati, S.Pd.
Berdasarkan persentase hasil validasi ahli desain 76,36%, ahli materi 75,00%, dan ahli bahasa 77,33% dalam kategori layak. Setelah dilakukan uji kelayakan oleh ahli, bahan ajar direvisi sesuai dengan saran dan komentar masing-masing validator. Selanjutnya bahan ajar diuji coba kelas kecil kepada peserta didik sebanyak lima orang, menghasilkan rata-rata persentase 82,93%.Tahap selanjutnya adalah merevisi hasil dari komentar peserta didik, lalu bahan ajar siap diuji coba pada kelas bejsar. Rata-rata persentase respon peserta didik berjumlah 25 orang yaitu 76,99%. Berdasarkan hasil tersebut maka bahan ajar berbasis open-ended berbentuk majalah pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) dalam kategorj layak.
Tidak tersedia versi lain