Text
Penerapan pembelajaran examples non examplesuntuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SMP Negeri 3 Batanghari TP 2014/2015
ABSTRAK
Puspita Sari, Endah. 2015. Penerapan Pembelajaran Examples Non Examples Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 3 Batanghari Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Jurusan Pendidikan MIPA, Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing: (1) Drs. H. Jazim Ahmad, M.Pd. (2) Dr. Agus Sutanto, M.Si.
KataKunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Examples Non Examples.
Hasil belajar siswa kelas VIII4 SMP Negeri 3 Batanghari Tahun Pelajaran 2014/2015 berdasarkan hasil Pra-Swrvey masih banyak yang belum memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) senilai > 72, hasil belajar siswa rendah dengan persentase ketuntasan belajar 36,6%. Dalam proses pembelajaran adalah dengan menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples. Pembelajaran tipe Examples Non Examples merupakan suatu metode pembelajaran yang menggunakan contoh gambar dan bukan contoh gambar, serta mengajarkan siswa bertanggung jawab dengan contoh gambar dan bukan contoh gambar pada masing-masing siswa.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa setelah mengikuti model pembelajaran Examples Non Examples pada siswa kelas VIII4 semester genap SMP Negeri 3 Batanghari Tahun Pelajaran 2014/2015, (2) Untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa setelah mengikuti model pembelajaran Examples Non Examples pada siswa kelas VIII4 semester genap SMP Negeri 3 Batanghari Tahun Pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini menggunakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII4 semester genap SMP Negeri 3 Batanghari Tahun Pelajaran 2014/2015, yang berjumlah 30 siswa. Data aktivitas siswa diperoleh dengan menggunakan lembar observasi pada setiap proses pembelajaran siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Examples Non Examples dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa VIII4 semester genap SMP Negeri 3 Batanghari pada pokok bahasan lingkaran. Rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 64,43% dan pada siklus II sebesar 88,86%. Saat pelaksanaan penelitian semua aspek aktivitas telah dilaksanakan oleh siswa yaitu, mendengarkan dan memperhatikan penyajian materi dari guru, aktif dalam berdiskusi kelompok, mengajukan pertanyaan relevan dengan materi yang telah dijadikan oleh guru (bertanya), membuat ringkasan atau mencatat materi. 2) Pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa VIII4 semester genap SMP Negeri 3 Batanghari pada pokok bahasan lingkaran. Pada siklus I sebesar 56,6% dan pada siklus II 76,6%.
Tidak tersedia versi lain