Text
Penerapan pendekatan open ended dalam pembelajaran matematika untuk meningkatkan krativitas dan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Punggur kelas X semester genap TP 2014/2015
ABSTRAK
Priono, Dexsyanta Eko. 2015. Penerapan Pendekatan Open Ended Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Punggur Kelas X5 Semester Genap Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Pendidikan MIPA Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing: (1) Drs. H. Jazim Ahmad, M.Pd. (2) Swaditya Rizki, M.Sc.
Kata Kunci: Pendekatan Open Ended, Kreativitas, Hasil Belajar
Penelitian ini bertujuan (1) Untuk meningkatkan kreativitas siswa dengan menggunakan pendekatan Open Ended dalam pembelajaran matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Punggur Tahun Pelajaran 2014/2015 (2) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan pendekatan Open Ended dalam pembelajaran matematika siswa kelas X5 SMA Negeri 1 Punggur Tahun Pelajaran 2014/2015.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan diskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X5 SMA Negeri 1 Punggur Tahun Pelajaran 2014/2015. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes dengan 5 soal esai untuk mengukur hasil belajar, dan lembar observasi untuk mengukur tingkat kreativitas belajar siswa. Observasi dilakukan oleh 2 guru observer yang membantu guru peneliti dalam mengumpulkan data hasil kreativitas siswa. Adapun indikator kreativitas siswa adalah: Keterampilan berfikir lancar, kemampuan berflkir fleksibel, dan kemampuan berfikir orisinil.
Hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa kreativitas siswa meningkat dari tiap siklus. Semua indikator pada lembar observasi kreativitas mengalami peningkatan secara signifikan. Sedangkan, hasil belajar siswa secara individual diperoleh rata-rata hasil belajar siswa adalah 58,559 pada siklus 1 dan rata-rata hasil belajar siswa adalah 73,68 pada siklus 2, dengan jumlah siswa yang tuntas 44,12% artinya meningkat 20,59% dari prasurvei ke siklus 1 dan persentase siswa tuntas 76,47% artinya meningkat sebesar 32,35% dari siklus 1 ke siklus 2. Penerapan pendekatan pembelajaran Open Ended dalam penelitian ini dikatakan berhasil karena telah mencapai indikator keberhasilan yaitu adnya peningkatan kreativitas siswa dari siklus 1 ke siklus 2, sedangkan indikator keberhasilan hasil belajar berdasarkan KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus 1 ke siklus 2 dan dapat disimpulkan bahwa pendekatan open ended pada pokok bahasan Trigonometri kelas X5 SMA Negeri 1 Punggur I efektif untuk digunakan.
Tidak tersedia versi lain