Text
Pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 3 Pekalongan TP 2014/2015
ABSTRAK
Supriyanti, Lilis. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIISMP Negeri 3 Pekalongan Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Pendidikan MIPA Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing: (1) Drs. H. Jazim Ahmad, M.Pd. (2) Swaditya Rizki, M.Sc.
Kata Kunci: Model pembelajaran kontekstual, kemampuan pemecahan masalah, hasil belajar
Pembelajaran di SMP Negeri 3 Pekalongan masih cenderung menggunakan strategi pembelajaran konvensional, akibatnya pemecahan masalah dan hasil belajar siswa di SMP Negeri 3 Pekalongan masih cukup rendah. Untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah danhasil belajar siswa, salah satu model yang dapat digunakan adalah model pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa SMP Negeri 3 Pekalongan.
Penelitian ini eksperimen quasi yang dilakukan di SMP Negeri 3 Pekalongan kelas VII semester genap Tahun Pelajaran 2014/2015. Kelas VII. 1 diberi perlakuan dengan pembelajaran kontekstual, sedangkan kelas VII.2 dengan konvensional. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi untuk data kemampuan pemecahan masalah, dan tes untuk data hasil belajar matematika. Teknik analisis data menggunakan uji T pihak kanan.
Hasil analisis menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar matematika dan terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah. Hasil uji-t antara model pembelajaran dengan kemampuan pemecahan masalah diperoleh thil = 3,685475
(ian tubei = 2,016692 maka tUl >tlabel berarti terdapat pengaruh antara model
pembelajaran kontekstual dan pemecahan masalah matematika. Begitu juga dengan Hasil uji-t antara model pembelajaran dengan hasil belajar siswa diperoleh /„,-2,459696 dan ttaM = 2,322618 maka tNl>ttabel berarti terdapat pengaruh
antara model pembelajaran kontekstual dan hasil belajar siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa di SMP Negeri 3 Pekalongan kelas VII pada materi Segiempat Tahun Pelajaran 2014/2015.
Tidak tersedia versi lain