Text
Oengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individually) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII semester genap materi lingkaran TP 2014/2015
ABSTRAK
Sari, Kartika , Yuni. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individually) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VM Semester Genap Materi Lingkaran Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Pendidikan MIPA Program Studi Pendidikan Matematika, FKEP Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing: (I) Drs. H. Jazim Ahmad, M. Pd. (II) Dr. Agus Sutanto, M.Si.
Kata Kunci: Model pembelajaran kooperatif tipe TAI (team assisted individually), hasil belajar.
Pembelajaran di SMP PGR1 1 Batanghari masih cenderung menggunakan model pembelajaran konvensional akibatnya hasil belajar siswa di SMP PGRI 1 Batanghari masih cukup rendah. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, salah satu satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran TAI (Team Assisted Individually). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran TAI (Team Assisted Individually) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII semester genap materi lingkaran Tahun Pelajaran 2014/2015, dengan jumlah 33 siswa untuk kelas eksperimen dan 32 siswa untuk kelas kontrol.
Penelitian eksperimen semu ini dilakukan di SMP PGRI 1 Batanghari kelas VIII semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Pada penelitian ini kelas VHI.2 sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan dengan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individually), dan kelas VHI.l sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan sampel dengan cara cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes untuk data hasil belajar matematika. Sebelum instrumen tes digunakan, terlebih dahulu dilakukan uji coba untuk mengetahui validitas dan reliabilitas soal. Sebelum penelitian, dilakukan pula uji keseimbangan untuk mengetahui kedua sampel mempunyai kemampuan awal yang sama. Instrument dalam penelitian ini adalah soal essay masing-masing sebanyak 5 soal tes. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji-t.
Pengujian hipotesis diperoleh t^tung = 2,25 dan ttabei = 1,67 hal ini menunjukan bahwa ty, >t^a^+ni_2^ dengan demikian Hi diterima. artinya penggunaan model
pembelajaran TAI (Team Assisted Individually) mempengaruhi hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP PGRI 1 Batanghari Tahun Pelajaran 2014/2015 dan hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individually) lebih tinggi dari pada yang menggunakan model pembelajaran konvensional di SMP PGRI 1 Batanghari Tahun Pelajaran 2014/2015. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa: Ada pengaruh yang lebih baik dalam proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran TAI (Team Assisted Individually)
Tidak tersedia versi lain