Text
Implikasi layanan informasi berdasarkan profil keterampilan sosial peserta didik kelas VII SMP Negeri 5 Metro TP 2014/2015
ABSTRAK
OKTAVIANI, HERDIAN AYU. 2015. "Implikasi Layanan Informasi Berdasarkan Profil Keterampilan Sosial Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 5 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015". Di bawah bimbingan (1) Drs. H. Hadi Rahmat, M.A (II) Yuni Novitasari M.Pd
Kata Kunci : Keterampilan Sosial, Layanan Informasi
Penelitian ini dilatar belakangi oleh tingginya permasalahan sosial yang terjadi di sekolah dan memberikan dampak yang buruk terhadap perkembangan sosial peserta didik. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterampilan sosial peserta didik tahun ajaran 2014/2015. Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Gambaran umum keterampilan sosial peserta didik kelas VII di SMP Negeri 5 Metro yang berada pada tingkat kategori sedang; 2) semua bentuk keterampilan sosial yang ada di sekolah meliputi aspek berkomunikasi, menjalin hubungan dengan orang lain, menghargai diri sendiri dan orang lain, mendengarkan pendapat atau keluhan dari orang lain, memberi atau menerima kritik, dan kemampuan bertindak sesuai norma dan aturan yang berlaku, dengan tingkat persentase tertinggi berada pada aspek kemampuan mendengarkan pendapat atau keluhan dari orang lain, dan terendah berada pada aspek kemampuan bertindak sesuai norma dan aturan yang berlaku; 3) implikasi layanan informasi berupa rancangan layanan informasi untuk mengembangkan keterampilan sosial pada peserta didik kelas VII di SMP Negeri 5 Metro. Saran pada penelitian ini adalah: 1) layanan informasi yang diberikan kepada peserta didik harus memperhatikan tingkat kebutuhan peserta didik akan informasi yang akan diberikan. 2) penggunaan teknik yang sesuai untuk mengembangkan keterampilan sosial peserta didik
Tidak tersedia versi lain