Text
Pengaruh konseling kelompok terhadap kemandirian siswa dalam memecahkan masalah di SMP Negeri 7 Metro TP 2014/2015
ABSTRAK
Prasetyo, Sukarman Hadi. 2014. Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Terhadap Kemandirian Siswa Dalam Memecahkan Masalah Di SMP Negeri 7 Metro Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Jurusan Pendidikan, Program Studi Pendidikan Bimbingan Dan Konseling, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Karwono, M.Pd., (II) Eko Susanto, M.Pd. Kons.
Kata Kunci: Kemandirian Memecahkan Masalah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh yang positif Layanan konseling kelompok terhadap kemandirian siswa dalam memecahkan masalah di SMP Negeri 7 Metro Lampung. Tujuan yang diharapkan dari penelitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh yang positif Layanan konseling kelompok terhadap kemandirian siswa dalam memecahkan masalah
Rancangan penelitian ini menggunakan desain Pre Test-Post Control-Group Design, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 7 Metro Lampung yang terdiri dari 21 kelas. Dan sampel penelitian adalah 2 kelas. Sampel ditetapkan menggunakan teknik multi stage random sampling. Pengambilan data kemandirian siswa dalam memecahkan masalah menggunakan metode angket pengolahan data secara kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 7 Metro Lampung. Analisis dalam penelitian ini menggunakan uji gain dan uji perbedaan. Hasil penelitian menunjukakan bahwa layanan konseling kelompok mempunyai pengaruh terhadap kemandirian siswa dalam memecahkan masalah, hal ini diperoleh dari hasil uji hipotesis pada uji perbedaan dua rata-rata kemandirian siswa dalam memecahkan masalah diperoleh nilai thit=2,21 lebih besar dibandingkan ttabei 2,10 dengan taraf signifikan 5%.
Kesimpulan pada penelitian ini adalah Layanan konseling kelompok berpengaruh positif terhadap kemandirian siswa dalam memecahkan masalah di kelas VII SMP Negeri 7 Metro Lampung Tahun Pelajaran 2014/2015". Artinya Layanan konseling kelompok bisa digunakan untuk peningkatan kemandirian siswa dalam memecahkan masalah.
Tidak tersedia versi lain