Text
Peningkatan disiplin belajar peserta didik melalui layanan bimbingan kelompok di MTs Negeri Padang Ratu Kecamatan Sungkai Utara Kabupaten Lampung Utara TP 2014/2015
ABSTRAK
SAPRUDBV, UJANG. 2015. Peningkatan Disiplin Belajar Peserta Didik Melalui Layanan Bimbingan Kelompok di MTs Negeri Padangratu Kecamatan Sungkai Utara Kabupaten Lampung Utara Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Jurusan Ilmu Pendidikan Program Studi Bimbingan dan Konseling, Fakultas Keguruan dan Dmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Marzuki Noor, MS., Pembimbing (II) Tri Anjar, M.Pd.,Kons.
Keberhasilan peserta didik di dalam hidupnya semata-mata tidak ditentukan oleh kognitifnya saja, akan tetapi banyak faktor yang turut mempengaruhi antara lain tingkat kedisiplinan belajar. Kedisiplinan akan memberikan pengaruh terhadap keberhasilan seseorang dalam hidupnya, karena kedisiplinan merupakan unsur penting dalam berbagai bidang kehidupan, termasuk dalam hal belajar. Karena dengan dilandasi sikap disiplin dalam menjalankan suatu kegiatan, maka seseorang dapat mencapai tujuan dengan baik
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya disiplin belajar peserta didik di MTs Negeri Padangratu Kecamatan sungkai Utara Kabupaten Lampung Utara, Tahun Pelajaran 2014/2015. Maka dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut: "Apakah terdapat pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap disiplin belajar peserta didik MTs Negeri Padangratu Kecamatan sungkai Utara Lampung Utara Tahun Pelajaran 2014/2015".
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: "Untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan disiplin belajar peserta didik Kelas Vin MTs Negeri Padangratu Kecamatan sungkai Utara Kabupaten Lampung Utara, Tahun Pelajaran 2014/2015".
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan one group design Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini digunakan angket, kemudian data dianalisis dengan pre-test dan pos-test one group design. Berdsarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa: " Layanan bimbingan kelompok berpengaruh positif terhadap peningkatan disiplin peserta didik, khususnya pada Kelas VDI MTs Negeri Padang ratu Kecamatan Sungkai Utara Tahun Pelajaran 2014/2015".
Peningkatan disiplin beklajar tersebut diperoleh dari nilai rata-rata pre-test sebesar 49,8 menjadi 75,5 pada pos-test, yang berarti skor jawaban angket meningkat sebesar 25,7. Peningkatan tersebut, ditunjukkan pada sikap dan perilaku peserta didik yang cenderung lebih disiplin khususnya dalam belajar.
Tidak tersedia versi lain