Text
Kegiatan himpunan data dan pemanfaatannya dalam pelayanan konseling di SMK PGRI 1 Punggur Kabupaten Lampung Tengah TP 2014/2015
ABSTRAK
Safitri, Oandis Retno. 2015. Kegiatan Himpunan Data dan Pemanfaatannya Dalam Pelayanan Konseling di SMK PGRI 1 Punggur Kabupaten Lampung Tengah Tchun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, Program Studi Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing(l) Prof. Dr. H. Karwono, M.Pd., Pembimbmg (II) Drs. H. Hadi Rahmad., M.A
Kata Kunci: Kegiatan Himpunan Data dan Pemunfaatan Himpunan Data
Penelitian ini difokuskan pada gambaran kegiatan himpunan data siswa dan Pemanfaatan himpunan data sisv/a dalam pelayanan konseling di SMK PGRI 1 Punggur Tahun Pelajaran 2014/2015.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui gambaran kegiatan himpunan data di SMK PGRI 1 Punggur Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2014/2015. 2. Untuk mengetahui pemanfaatan himpunan data siswa dalam pelayanan konseling di SNiK PGRI 1 Punggur Kabupaten Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2014/2015.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan dilihat dari teknik penyajian datanya, penelitiar ini termasuk ke dalam jenis deskriptif. Sumber data penelitian meliputi sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer adalah guru bimbingan dan konseling. Sumber sekunder berupa dokumen, data, gambar, atau arsip. Teknik pengumpulan data menggunakan tsknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan penegasan kesimpulan. Penelitian diiakukan melalui tabapan pra lapangan, pekerjaan lapangan, analisis data dan penulisan laporan.
Berdasarkan dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa pada tahap perencanaan kegiatan himpunan data hal-hal yang dilakukan oleh Guru Bimbingan dan Konseling antara lain menetapkan jenis dan klasifikasi data, menentukan sumber data, menentukan bentuk himpunan data, menentukan fasilitas yang akan digunakan dan menentukan perlengkapan administratif.
Pada tahap pelaksanaan pengumpuian data, mekanisme pengumpulan data siswa dilakukan di ruangan kelas melalui blangko isian data siswa. Data siswa yang terkumpul kemudian dimasukkan ke dalam sebuah buku induk siswa khusus bimbingan dan konseling. Kendala yang diliadapi dalam kegiatan himpunan data pada dasarnya adalah kurangnya sarana dan prasarana, termasuk alokasi anggaran dana dalam melakukan kegiatan bimbingan dan konseling yang masih minim. Pada tahapan evaluasi, Evaluasi diiakukan dengan mengecek kembali keakuratan data siswa, dan kelemahan dalam aspek penyelenggaraan himpunan data. Himpunan data yang ada dimanfaatkan oleh Guru Bimbingan dan Konseling di SMK PGRI 1 Punggur untuk merencanakan layanan yang akan diberikan kepada siswa.
Penelitian ini merekomendasikan agar Guru Bimbingan dan Konseling diharapkan secara cerdas mei.ggunakan data yang ada di dalam himpunan data seluwes dan selancar mungkin, karena nilai suatu himpunan data terletak pada apa yang dilakukan Guru Bimbingan dan Konselmg terhadap data yang ada di dalam nya.
Tidak tersedia versi lain