Text
Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi kenakalan peserta didik SMP Negeri 1 Kota Gajah Lampung Tengah TP 2014/2015
ABSTRAK
Susilowati, Dewi. 2015. Upaya Guru Bimbingan dan Konseling Dalam Mengatasi Kenakalan Peserta Didik SMP Negeri 1 Kotagajah Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, Program Studi Bimbingan dan Konseling, FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing(l) Prof. Dr. H. Karwono, M.Pd., Pembimbing (II) Drs. H. Hadi Rahmad., M.A
Kata Kunci: Kenakalan Peserta Didik, Upaya Guru Bimbingan dan Konseling
Penelitian ini difokuskan pada permasalahan: 1. Upaya yang dilakukan agar peserta didik tidak melakukan kenakalan, 2. Jenis layanan bimbingan dan konseling yang digunakan untuk mengatasi kenakalan peserta didik, 3. Metode yang digonakan dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling, 4. Hambatan dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi kenakalan peserta didik, 5. Pihak yang dilibatkan dalam mengatasi kenakalan peserta didik, 6. Hasil yang dicapai atas usaha yang sudah dilakukan untuk mengatasi kenakalan peserta didik.
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui upaya yang dilakukan agar peserta didik tidak melakukan kenakalan; 2. Untuk mengetahui jenis layanan bimbingan dan konseling yang digunakan untuk mengatasi kenakalan peserta didik; 3. Untuk mengetahui metode yang digunakan dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling; 4. Untuk mengetahui hambatan dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling dalam mengatasi kenakalan peserta didik; 5. Unluk mengetahui pihak yang dilibatkan dalam mengatasi kenakalan peserta didik; 6. Untuk mengetahui hasil yang dicapai atas usaha yang sudah dilakukan untuk mengatasi kenakalan peserta didik.
Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik wawancara dan Observasi. Berdasarkan hasil pembahasan diperolen kesimpulan sebagai berikut: Jenis layanan bimbingan dan konseling yang digunakan untuk mengatasi kenakalan peserta didik adalah dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok dan konseling individu, Upaya yang dilakukan guru bimbingan dan konseling untuk mengatasi kenakalan peserta didik adalah dengan melakukan pencegahan-pencegahan secara dini, Metode yang digunakan adalah masuk kelas dengan memberikan materi bahaya merokok, akibat berpakaian ketat, melakukan pemalakan, hal yang menghambat adalah kurangnya jam masuk kelas, pihak yang dilibatkan adalah untuk mengatasi kenakalan peserta didik yaitu guru BK, wali kelas, waka kesiswaan, kepala sekolah dan orang tua, hasil yang dicapai adalah peserta didik ada perubahan ke arah positif.
Tidak tersedia versi lain