Text
Aktivitas Guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan pnyesuaian diri peserta didik SMP Negeri 1 Mesuji OKI TP 2014/2015
ABSTRAK
Yuliana, Dwi. 2015. Aktivitas Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Penyesuaian Diri Peserta Didik SMP Negeri 1 Mesuji OKI Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Metro. Pembiinbing I Prof. Dr. H. Juhri AM., M.Pd., Pembimbing II Eko Susanto, M.Pd. Kons.
Kata Kunci: Aktivitas Gun. Bimbingan dan Konseling, Penyesuaian Diri
Penelitian ini difokuskan pada aktivitas guru bimbingan dan konseling dalam rneningkatkan penyesuaian diri peserta didik SMP Negeri 1 Mesuji OKI tahun pelajaran 2014/2015. Selanjutnya fokus penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: bagaimana cara mengenali kebutuhar. penyesuaian diri peserta didik SMP Negeri 1 Mesuji OKI, bagaimana pelaksauaan layanan bimbingan dan konseling untuk membantu mengembangkan penyesuaian diri peserta didik SMP Negeri 1 Mesuji OKI, bagaimana evaluasi perkembangan peayesuaian diri peserta didik SMP Negeri 1 Mesuji OKI, bagaimana tindak lanjut terkait dengan upaya mengembangkan penyesuaian diri peserta didik SMP Negeri 1 Mesuji OKI, bagaimana intensitas bimbingan dalam rangka mengembangkan penyesuaian diri peserta didik SMP Negeri 1 Mesuji OKI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: cara mengenali kebutuhan penyesuaian diri peserta didik, pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling untuk membantu mengembangkan penyesuaian diri peserta didik, evaluasi perkembangan penyesuaian peserta didik, tindak lanjut terkait dengan upaya mengembangkan penyesuaian diri peserta didik, intensitas bimbingan dalam rangka mengembangkan penyesuaian diri peserta didik.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Objek dan subjek dalam penelitian ini adalah gum bimbingan dan konseling dan penyesuaiaan diri peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Mesuji OKI tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode wawancara dan observasi sebagai alat pengumpul data. Analisis data dalam penelitian ini dengan cara reduksi data, model data {data display), dan verifikasi/penarikan kesimpulan.
basil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas yang dilakukan guru bimbingan 4m konseling dalam meningkatkan penyesuaian diri peserta didik adalah dengan memberikan layanan secara klasikal dan non klasikal. Proses pelaksanaan layanan tinbingan dan konseling dilaksanakan dengan baik. Untuk mengetahui hasil setelah kronan, maka gum bimoingan dan konseling akan melakukan tindak lanjut dari hasil ewlnasi kegiatan layanan bimbingan dan konseling yang dilakukan dengan cara pffliiwn segera dan penilaian jangka pendek. Selain itu gum bimbingan dan konseling ja«a bekerja sama dengan wali kelas, gum mata pelajaran atau gum yang lain, dan KHg tua murid. Intensitas pelaksanaan bimbingan dilakukan sesuai dengan kebutuhan aestra didik.
Tidak tersedia versi lain