Text
Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap self management dalam belajar siswa SMP Negeri 5 Metro TP 2014/2015
ABSTRAK:
Anggraini, retno. 2015. Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap self management dalam belajar siswa SMP Negeri 5 Metro Tahun pelajaran 2014/2015. Skripsi. jurusan ilmu pendidikan, program studi bimbingan dan konseling, FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Juhri. A.M, M.Pd., (II) Tri Anjar, M.Pd. Kons.
Kata kunci: Bimbingan kelompok, Self management dalam belajar.
Self management dalam belajar adalah suatu kemampuan yang berkenaan dengan keadaan diri sendiri dan keterampilan dimana individu dapat mengelola dan mengatur diri untuk mengarahkan perubahan tingkah lakunya sendiri untuk belajar. Rumnsan masalah dalam penelitian mi adalah apakah ada pengaruh positif layanan bimbingan kelompok terhadap self management dalam belajar siswa SMP Negeri 5 Metro Tahun pelajaran 2014/2015. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif layanan bimbingan kelompok terhadap self management dalam belajar siswa kelas IX G SMP Negeri 5 Metro Tahun pelajaran 2014/2015.
Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuntitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 5 Metro. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 10 siswa kelas IX G yang dianggap mewakili, yang memiliki self management dalam beiajar rendah dan terendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket self management dalam belajar siswa. AnaJisis data dalam penelitian ini dengan raenggunakan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan layanan bimbingan kelompok berpengarah positif terhadap self management dalam belajar, hal ini ditunjukan dari uji hipotesis yaitu thfomg > Wi, dan hasil uji coba diperoleh self management dalam belajar menggunakan layanan bimbingan kelompok diperoleh perhitungan tyjtung = 10,51> ttabei - 1,833 dari signifikan 0,05 dan derajat kebebasan (db = n-l=10-l= 9).
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa bimbingan kelompok memberikan pengaruh positif terhadap self management dalam belajar siswa kelas EX G SMP negeri 5 Metro. Ditandai dengan adanya peningkatan pada self motivation, self organization, self control, dan self development pada siswa.
Tidak tersedia versi lain