Text
Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan keterampilan sosial siswa SMK Surya Persada Rumbia Lampung Tengah TP 2014/2015
ABSTRAK
RUSMALINA, LILIS. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa SMK Surya Persada Rumbia Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Jurusan Pendidikan, Program Studi Pendidikan Bimbingan Dan Konseling, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Juhri AM, M.Pd., Pembimbing (II) Yuni Novita Sari M.Pd
Kata Kunci: Bimbmgan Kelompek, Keterampilan Sosial
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah pengaruh positif layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan keterampilan sosial siswa SMK Surya Persada Rumbia Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2014/2015? Tujuan penelitian ini adalah untuk inengetahui besarnya pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap peningkatan keterampilan sosial siswa SMK Surya Persada Rumbia Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2014/2015.
Desain penelitian menggunakan penelitian eksperimen One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalab siswa SMK Surya Persada Rumbia Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak 105 siswa. Subjek penelitiannya adalah sisv/a kelas XI TKR 1 yang mengalami masalah keterampilan sosial berjumlah 10 orang. Instrumen dalam pengambilan data pada penelitian ini menggunakan metode angket. Analisis data yang digunakan yaitu uji t. Hasil penelitian adalah thu = 8,925 > tlabei = 1,833 dari signifikasi 0,05. hal itu menerangkan bahwa layanan bimbingan kelcmpok berpengaruh positif dan mengalami peningkatan terhadap keterampilan sosial siswa.
Kesimpulan pada penelitian ini adalah ada pengaruh positif pemberian layanan bimbingan keiompoK terhadap peningkatan keterampilan sosial siswa SMK Surya Persada Rumbia Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2014/2015. Artinya layanan bimbingan kelompok bisa digunakan untuk peningkatan keterampilan sosial siswa. Saran dalam penelitian ini adalah agar keterampilan sosial siswa yang rendah dapat meningkat, siswa hendaknya dapat memanfaatkan dengan baik layanan bimbingan kelompok yang merupakan bentuk bantuan dari guru Bimbingan Konseling kepada siswa untuk memecahkan suatu permasalahan.
Tidak tersedia versi lain