Text
Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Course review Horay (CRH) terhadap hasil belajar IPA ranah kognitif dan afektif siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Metro TP 2014/2015
ABSTRAK
Maryantika. 2015. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe < Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar IPA Ranah Kognitif dan Afektif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Metro Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Pendidikan MIPA Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing: (1) Dr. Nyoto Suseno, M. Si., (2) Dedy Hidayatullah A., M.Pd.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay, Hasil Belajar Ranah Kognitif dan Ranah Afektif
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay terhadap hasil belajar IPA ranah kognitif dan ranah afektif. Desain penelitian ini adalah quasi eksperimental and special design dengan jenis penelitian two-group post-test-only design. Populasi penelitian yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Metro, pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan cluster random sampling.
Sampel penelitian pertama kelas VIII B berjumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan sampel penelitian kedua kelas VIII D berjumlah 25 siswa sebagai kelas kontrol. Pada proses pembelajaran kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay sedangkan kelas kontrol dengan metode yang digunakan di SMP Negeri 9 Metro. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, dan kuesioner. Untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan teknik analisis data uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) uji perbedaan dua rata-rata hasil belajar IPA ranah kognitif siswa didapat pada taraf signifikasi 5% tdaftar sebesar 1,68 dan thitung 3,468 sehingga thitung > tdaftar, (2) Uji perbedaan dua rata-rata hasil belajar IPA ranah afektif siswa didapat pada signifikasi 5% tdaftar sebesar 1,68 dan thitung 2,45 sehingga thitung > tdaftar- Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay terhadap hasil belajar IPA ranah kognitif dan afektif yaitu siswa lebih aktif dan suasana lebih menyenangkan dalam melaksanakan proses pembelajaran, siswa mampu menyelesaikan persoalan dengan cara saling bertukar informasi antar anggota kelompok, dan siswa mampu menyimpulkan hasil belajar yang telah dilaksanakan secara bersama-sama.
Saran dari peneliti, bagi guru bidang studi IPA khususnya di SMP Negeri 9 Metro kiranya dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay, untuk memperbaiki hasil belajar IPA ranah kognitif dan afektif siswa. Bagi siswa agar terus melatih diri khususnya pada pelajaran IPA. Bagi sekolah, hasil penelitian yang telah dilakukan diharapkan menjadi masukan yang positif dalam rangka memperbaiki kualitas proses pembelajaran dengan menggunakan pemilihan metode pembelajaran secara tepat dengan mempertimbangkan kelemahan dan kelebihan metode tersebut.
Tidak tersedia versi lain