Text
Pengaruh metode pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar fisika ranah kognitif siswa kelas X SMA Negeri 1 Batanghari TP 2014/2015
ABSTRAK
Marlena. 2015. Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Solving terhadap Hasil Belajar Fisika Ranah Kognitif Siswa SMA Negeri 1 batanghari Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi, Jurusan Pendidikan MIPA Program Studi Pendidikan Fisika, FKIP Universitas Muhammadiyah Metro. Pembimbing: (1) Dr. H. Nyoto Suseno, M.Si. (2) Dedy Hidayatullah A. M.Pd.
Kata Kunci: Pengaruh, Problem Solving, Hasil Belajar Kognitif
Pendidikan merupakan salah satu kebutuhan yang utama dari suatu bangsa, karena dengan pendidikan diharapkan mampu mencetak manusia menjadi lebih baik, bermartabat serta dapat berkontribusi dalam memajukan bangsa dan negara di masa yang akan datang. Proses pendidikan pada zaman era global ini hendaknya setiap sekolah selalu melakukan berbagai inovasi pembelajaran untuk mencetak sumber daya manusia yang berkualitas. Rendahnya hasil belajar siswa karena masih kurangnya keaktifan siswa dalam belajar fisika. Metode pembelajaran Problem Solving merupakan salah satu metode pembelajaran yang mampu mendorong siswa agar lebih aktif dalam memecahkan masalah dalam proses belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar fisika ranah kognitif dan faktor-faktor yang menyebabkan metode pembelajran Problem Solving berpengaruh terhadap hasil belajar ranah kognitif. Populasi penelitian yaitu siswa kelas X, pengambilan sampel menggunakan random sampling jenuh yaitu pengambilan sampel secara acak. Kelas X. 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.3 sebagai kelas kontrol. Pada proses pembelajaran kelas eksperimen menggunakan metode pembelajaran Problem Solving sedangkan kelas kontrol dengan metode yang diterapkan disekolah. Analisis data dalam penelitian ini berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah diperoleh hasil uji normalitas dan uji homogenitas, selanjutnya dilakukan uji perbedaan dua rata-rata menggunakan uji-t untuk menguji hipotesis. Dan metode pengambilan data yaitu mengunakan tes dan observasi.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa uji perbedaan dua rata-rata hasil belajar fisika ranah kognitif siswa didapat taraf signifikasi 5% idaftar sebesar 1,67 dan thitung 10,9 sehingga tdaftar. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode pembelajaran Problem Solving terhadap hasil belajar fisika ranah kognitif. Saran bagi guru, siswa maupun sekolah hendaknya dapat menerapkan metode pembelajaran Problem Solving guna untuk mendapatkan hasil belajar fisika ranah kognitif yang lebih baik.
Tidak tersedia versi lain