Text
pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe Group Investigation (GI) Terhadap hasil belajar siswa kelas X semester genap SMK Muhammadiyah 1 Metro TP. 2014/2015
ABSTRAK
Berdasarkan hasil observasi pada siswa kelas X SMK Muhammadiyahl
Metro diperoleh gambaran tentang keadaan kelas saat proses pembelajaran
berlangsung sebagai berikut : terdapat beberapa siswa yang dikategorikan tuntas
sebanyak 8 siswa atau sebesar 25% dan dikategorikan belum tuntas sebanyak 24
siswa atau sebesar 75%, sedangkan nilai kriteria ketuntasan minimum (KKM)
kelas X SMK Muhammadiyah 1 Metro pada pelajaran kewirausahaan adalah7,00.
Altematif untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam belajar dan hasil belajar
kewirausahaan adalah dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe
Group Investigation (GI). Keunggulan model pembelajaran kooperatif tipe Group
Investigation (GI) adalah siswa dituntut untuk aktif dalam proses pembelajaran
dan untuk dapat mempertanggungjawabkan tugas yang telah diberikan oleh guru
dalam proses pembelajaran serta melatih siswa ke arah belajar mandin', selain itu
siswa menjadi lebih termotivasi untuk belajar. Rumusan masalah dalam penelitian
ini adalah Apakah ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe
Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar kewirausahaan siswa kelas X
semester genap SMK Muhammadiyah 1 Metro tahun pelajaran 2014/2015?
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
pembelajaran kooperatif tipe Group Invetigation (GI) terhadap hasil belajar
kewirausahaan siswa kelas X semester genap SMK M uhammadiyah 1 Metro
tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif.
Hipotesis dalam penelitian ini adalah
Tidak tersedia versi lain