Text
pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe Picture and Picture terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester genap SMP N 5 Metro TP. 2014/2015
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
Cooperative Learning Tipe Picture And Picture terhadap hasil belajar IPS Terpadu
siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 05 Metro tahun ajaran 2014/2015.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dengan menggunakan desain eksperimen
Quasi Experimental Design. Dimana terdapat satu kelompok eksperimen yang di
pilih secara sampling purposive sehingga didapat kelompok eksperimen pada kelas
VIII.a yang berjumlah 24 siswa. Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis
penelitian, yang penghitungannya menggunakan rumus Regresi Linier Sederhana
diperoleh a =54,2554 b = 0,4043 sehingga dengan demikian Y = a + bX , adalah Y =
54,2554 + 0,4043 X . Hal ini dibuktikan dengan penghitungan analisis data dapat
diketahui bahwa nilai tersebut thmmg > tube], dan terlihat bahwa pada taraf signi?kan
5% yaitu 3,15 > 1,72. Dan pada taraf signi?kan 1% yaitu 3,15 > 2,51, yang dapat
dilihat pada da?ar G tabel statistik. Setelah dianalisis data hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa: penggunaan model Cooperative Learning Tipe Picture And Picture
dapat meningkatkan hasil belajar 1PS Terpadu siswa kelas VIII SMP Negeri 05
Metro.
Kata kunci : Model Cooperative Learning Tipe Picture And Picture dan Hasil Belajar [PS Terpadu
Tidak tersedia versi lain