Text
pengaruh penggunaan model cooperative learning tipe Student Facilitator and Explaining Terhadap hasil belajar IPS Terpadu siswa kelas VIII semester genap SMP N 1 Pekalongan TP. 2014/2015
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh penggunaan model
Cooperative Learning Tipe Student Facilitator and Explaining terhadap hasil belajar
IPS Terpadu siswa kelas VIII semester genap SMP Negeri 1 Pekalongan tahun ajaran
2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dengan menggunakan desain
eksperimen Quasi Experimental Design Dimana terdapat satu kelompok eksperimen
yang di pilih secara cluster random sampling sehingga didapat kelompok eksperimen
pada kelas VIII 6 yang beljumlah 32 siswa.Berdasarkan analisis data dan uji hipotesis
penelitian,yang penghitungannya menggunakan rumus Regresi Linier Sederhana
diperoleh a =38,3200 b = 0,5459 sehingga dengan demikian Y = a + bX , adalah Y =
38,3200 + 0,5459 X . Hal ini dibuktikan dengan penghitungan analisis data dapat
diketahui bahwa nilai tersebut thinmg > tubal, dan terlihat bahwa pada taraf signi?kan
5% yaitu 5,13> 1,70.Dan pada taraf signi?kan 1% yaitu 5,13 > 2,46 , yang dapat
dilihat pada da?ar G tabel statistik.Setelah dianalisis data hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa: penggunaan model Cooperative Learning Tipe Student Facilitator
and Explaining dapat meningkatkan hasil belajar [PS Terpadu siswa kelas VIII SMP
Negeri 1 Pekalongan.
Kata kunci : Model Cooperative Learning Tipe Student Facilitator and Explaining dan Hasil Belajar IPS Terpadu
Tidak tersedia versi lain